Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Dilengkapi Teks Latin dan Artinya

Rusman H Siregar/NET Semarang
Bacaan Niat Puasa Senin Kamis. Foto : celebrities/freepik

Puasa Senin Kamis sangat dianjurkan untuk diamalkan. Seperti diketahui, puasa merupakan rukun Islam kelima. Puasa Senin Kamis hukumnya sunah berbeda dengan puasa di bulan Ramadan. jIka dikerjakan akan mendapatkan kebaikan, jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Banyak manfaat puasa yang bisa didapat dengan mengamalkan puasa Senin Kamis. Selain meningkatkan imunutas, juga mampu mendatangkan ridho Allah SWT dan menjauhkan seseorang dari api neraka. Juga menjadi perisai dari perbuatan buruk, terhindari dari godaan setan dan hawa nafsu, serta melatih kedisiplinan.

Sebagai informasi, puasa Senin Kamis merupakan amalan yang disukai Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau jarang meninggalkan puasa sunnah ini apalagi di bulan-bulan haram seperti bulan Dzulhijjah.

Dalam satu Hadis Qudsi yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari, Allah berfirman: "Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintah-Ku. Puasa adalah untukku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya."

Menurut kaidah fiqih, puasa sunnah dapat menutupi kekurangan yang pada puasa wajib (Ramadhan). Puasa juga menjadi perisai dari gangguan setan dan amalan melepaskan diri dari siksa api neraka.

Dari Abu Qatadah Al-Anshari, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas Beliau menjawab:

ٌٌََََََََََُُُُُِِِِِِِّْْْْْْ

"Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR Muslim No 1162).

Kemudian dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu,

Rasulullah bersabda:

 ٌََََََََََََََََََُُُُُُِِِِِِِّْْْْْْْْ

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi No 747. Hadis Hasan gharib).

Berikut bacaan niat puasa Sunnah Senin:

ًََََََََُُِِّْْْْْْ َََِِ

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Ta'ala. Artinya: Saya niat puasa sunnah Hari Senin karena Allah Ta'ala.

Niat Puasa Kamis:

ًََََََََُُِِّْْْْْ َََِِ

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatan Llillahi Ta'ala. Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Kamis karena Allah Ta'ala.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network