KTT G20 di Bali Sahkan Leaders' Declaration

Yulistyo Pratomo
G20 Bali Leaders Declaration resmi disahkan. Foto: Ist

BALI, iNewsSemarang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil mengumumkan deklarasi komunike bersama hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Kesepakatan yang sukses disahkan itu bernama G20 Bali Leaders Declaration.

"Alhamdulillah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022," kata Jokowi Jokowi saat menutup Working Session III di The Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi merasa terhormat setelah Indonesia ditunjuk sebagai pemimpin Presidensi G20. Penunjukkan ini sendiri dilakukan saat berlangsungnya G20 di Italia pada 2021.

"Suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin G20 selama satu tahun ini. Presidensi kami dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan perekonomian dunia yang inklusif dari pandemi," katanya.

Meski demikian, penyelenggaraan G20 Indonesia berlangsung dengan banyak tantangan dan hambatan, yang menyebabkan terhambatnya proses pemulihan paska-pandemi. Hal itu terjadi akibat terjadinya konflik geopolitik di Eropa Timur hingga menyebabkan gangguan pada sektor pangan dan energi.

"Berbagai tantangan baru muncul yang bukan hanya hambat pemulihan, namun juga dapat mengancam dunia terjerumus ke krisis yang lebih dalam," tandas Jokowi.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network