Ikuti Tradisi Jawa, Kaesang Pangarep akan Jalani Siraman dari 7 Sumber Mata Air

R August
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Foto : Youtube/Sekretariat Presiden

 

SOLO, iNewsSemarang.idKaesang Pangarep akan menjalani prosesi siraman di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022). Prosesi siraman akan menggunakan air dari sumber 7 mata air, sesuai tradisi adat Jawa.

Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa ketujuh sumber mata air berasal Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Solo. Kemudian mata air di wilayah Pengging dan Rumah Orang Tua Jokowi di Boyolali.

Selain itu juga ada mata air Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan Rumah Kediaman Keluarga Presiden di Sumber, Banjarsari.

"Tujuh mata air itu sama dengan yang saya gunakan saat nikah dulu," ujar Gibran, dikutip Selasa (6/12/2022).

Gibran juga mengungkapkan bahwa, seluruh saudara kandung dari Jokowi dan Iriana akan ikut menyiram Kaesang.

“Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Jadi nanti pakde dan budhe semuanya karena mereka sudah pernah mantu," ucap Juru Bicara Pernikahan Kaesang-Erina itu.

Selain siraman, lanjut Gibran, juga akan dilakukan beleketepe (tanda dimulainya acara pernikahan) pengajian dan semakan Alquran di kediaman Sumber.

"Siraman, yo ora oleh dadi siji (siraman ya tidak boleh jadi satu). Siraman kan di rumahe dewe-dewe (siraman di rumah masing-masing. Siraman dewe-dewe (siraman sendiri-sendiri)," ujarnya.

Gibran menambahkan, acara di kediaman Erina di Yogyakarta juga hampir serupa. Siraman dan pengajian dilaksanakan berbarengan dengan acara di Sumber.

 “Lengkap sama kaya yang di Yogyakarta. Dibarengeke (bersamaan). Midodareni Jumat Malam. Resepsi kami fokuskan pada hari Minggu," ucapnya. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network