Waspada HP Disadap, Jangan Klik Sembarangan Link di Ponsel Anda

Nokanita Istiyana
Cara mengetahui HP disadap (Foto: Freestock/Unplash)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Jangan klik sembarangan di ponsel Anda jika Anda tak ingin menjadi korban peretasan. Para pelaku kejahatan selalu mempunyai banyak cara untuk mendapatkan informasi kredensial korbannya. 

Namun, jika Anda penasaran apakah Anda menjadi salah satu korban sadap atau tidak, Anda bisa mengetahuinya melalui ciri-ciri berikut ini:

1. Baterai HP Mudah Habis 
Ciri yang perlu Anda perhatikan ketika HP disadap selanjutnya adalah, performa baterai HP yang mulai tidak stabil meski baterai HP akan berkurang dari waktu ke waktu, akan tetapi jika habisnya tidak wajar kemungkinan HP Anda memiliki aktivitas yang dijalankan oleh peretas ( Hacker), karena bisa saja perangkat Anda dikuras habis baterai nya untuk mengirimkan  informasi yang ada ke server pelaku. 

2. Iklan Pop up Aneh 
Munculnya iklan pop up aneh bisa saja ini disebabkan smartphone tersebut disusupi adware, suatu bentuk malware yang memanen klik dan uang korban. Jika sudah begitu, Anda harus waspada dan cepat membersihkan HP Agar data HP Anda aman nantinya. 

3. Muncul SMS atau Panggilan yang Mencurigakan 
Jika Anda menyadari daftar SMS atau panggilan mencurigakan yang tidak pernah Anda lakukan atau Anda terima sebelumnnya. Bisa jadi itu adalah ulah dari hacker selain ciri- ciri diatas hacker juga mencoba untuk membebani biaya panggilan dan pesan dengan memotong pulsa milik korban. 

4. Data Internet Tinggi 
Tanda HP disadap lainnya adalah adanya penggunaan data internet yang lebih boros atau lebih tinggi dari biasanya Anda pakai. Kemungkinan, ada Malware atau aplikasi mata-mata ( Spy App) yang terus berjalan yang digunakan untuk mengirimkan informasi ke server lainnya. 

5. HP Menjadi Lambat 
Jika Anda merasa performa HP menjadi sangat lambat, kemungkinan HP Anda disadap sampai membebani sumber daya HP atau bentrok dengan aplikasi lainnya. Maka dari itu jika periksalah kembali HP Anda bisa jadi selain terkena sadap ternyata HP Anda belum menghapus beberapa cache secara berkala atau setiap beberapa jam sekali. Karena, hal ini juga dapat mempengaruhi performa HP. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP yang disadap? Berikut langkah-langkahnya:

- Mengganti Password yang berada di layar kunci HP.
- Mengganti Password Email.
- Factory Reset.
- Aktifkan mode device care 
- Hubungi Call Center. 

Itulah beberapa ciri dan cara mengatasi HP yang disadap. Semoga bermanfaat.

(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network