Keren, Desa Bumiayu Sabet Penghargaan Desa Cantik Nasional 2023

Agus Riyadi
Pemberian penghargaan Desa Cantik Nasional 2023.(ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Bumiayu Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal menyabet penghargaan sebagai Desa Cinta Srtatistik (Cantik) Nasional Tahun 2023 bersama sembilan desa lain dari seluruh Indonesia. Prestasi membanggakan ini diraih setelah lolos seleksi dan penilaian lapangan (field evaluation) pada tahap 20 besar pada akhir November lalu.

Sekda Kendal Sugiono berharap, prestasi membanggakan yang diraih Desa Bumiayu ini bisa diikuti 286 desa/kelurahan lain yang ada di Kabupaten Kendal.

"Desa Bumiayu ini bisa dibilang sebagai pilot project dalam pengembangan data statistik yang ada di desa," katanya, Rabu (6/12/2023).

"Harapannya, bisa diikuti desa-desa lain di Kabupaten Kendal karena data statistik juga bisa sebagai panduan dalam menentukan program pembangunan desa," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kendal Ardhi Prasetyo mengatakan, tujuan umum dari program Desa Cantik adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan data statistik.

Selain itu, lanjutnya, juga agar ada standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa atau kelurahan tepat sasaran.

Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa maupun kelurahan," ujar Ardhi.

Sekretaris Desa Bumiayu Dwi Santoso memaparkan, kriteria penilaian Program Desa Cantik pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan.

Di antaranya keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan serta memiliki potensi produk unggulan.

"Selain itu, SDM dan operator di desa juga harus mumpuni untuk mengemban tugas sebagai operator Desa Cantik," terang dia.

"Sebab, kriteria penilaian dalam program Desa Cantik ini cukup banyak, mulai dari input, proses sampai output data yang harus lengkap dan akurat," jelasnya.

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network