Alasan Tua, Stasiun Luar Angkasa Akan Dijatuhkan Ke Bumi

Dini Listiyani
Stasiun Luar Angkasa Akan Dipensiunkan (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Karena dipandang sudah tua, stasiun luar angkasa atau dikenal dengan International Space Station (ISS) akan dijatuhkan ke bumi. Rencananya, NASA akan membunuh stasiun luar angkasa internasional itu dalam waktu kurang dari 10 tahun.  

Tahun 2031 dipertimbangkan NASA untuk menjatuhkan pesawat luar angkasa kembali ke Bumi ke dalam kuburan luar angkasa. 

Point Nemo, bahasa Latin untuk "tidak seorang pun", memiliki kedalaman sekitar 4.000 meter dan lebih jauh dari daratan daripada titik mana pun di Bumi, menjadikannya tempat yang ideal untuk menabrakkan roket dan satelit yang sudah mati. 

Ratusan pesawat ruang angkasa – kebanyakan Rusia – telah diletakkan di sana oleh NASA dan badan antariksa lainnya sejak pertama kali digunakan pada tahun 1971. 

Stasiun ruang angkasa ikonik diluncurkan pada 1998 dan telah menyambut sekitar 244 astronot dan turis luar angkasa selama masanya. 

Tapi pesawat ruang angkasa semakin tua dan tidak berkelanjutan untuk diperbaiki. Presiden AS Biden telah berkomitmen untuk tetap beroperasi hingga 2030 tetapi setelah itu harus diturunkan, sebagaimana dikutip dari The Sun. 

 Akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja di orbit Bumi yang rendah. Karena bisa menabrak satelit yang menciptakan sampah luar angkasa yang berbahaya - sesuatu yang semakin dikhawatirkan oleh para ahli.

Editor : Miftahul Arief

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network