Viral Truk Bawa Ratusan Anjing Diduga Akan Dijagal di Jateng, Begini Respons Polisi

Eka Setiawan
Truk pengangkut ratusan ekor anjing yang diduga akan dijagal di Jateng. (tangkapan layar)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng menyelidiki truk yang membawa ratusan anjing masuk ke wilayah Jateng. Narasi yang beredar dan viral di media sosial itu menyebutkan akan masuk ke wilayah Solo Raya dan Semarang.
 
“Anggota kami sudah bergerak, kami tidak menemukan ke arah Semarang, lalu ada aduan (kalau arahnya) ke Sragen, dari pelapor bersama-sama cek lokasi yang diduga jadi tempat penjagalan (anjing) ternyata tidak ada,” kata Direktur Reskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio, Kamis (28/12/2023).
 
Penyelidikan tim, ungkap Kombes Dwi, sudah dilakukan sejak 3 hari lalu sejak pihaknya mendapat informasi awal terkait truk yang membawa ratusan anjing diduga masuk ke Jateng.  

Kombes Dwi mengatakan pendalaman mengenai identitas truk sedang dilakukan, termasuk undang-undang apa yang bisa dijatuhkan. Kombes Dwi menyebut dari pendalaman informasi yang dilakukan, diduga ratusan anjing itu akan dijagal.
 
“Kami sedang pelajari undang-undangnya, memang ada beberapa yang bisa disangkakan, seperti tentang membuat luka binatang, luka khusus,” ujarnya.  
 
Video amatir sebuah truk putih tanpa penutup atap melaju di jalan tol membawa ratusan anjing salah satunya terdapat di akun Instagram @infosemarangterkini. Di situ dituliskan narasi “ratusan anjing diduga akan dibawa ke rumah potong dari arah Cirebon ke Semarang”.
 
Kombes Dwi meminta kepada pelapor untuk bisa memberikan informasi tambahan perihal itu. “Kami sudah minta kerjasama, jika ada informasi lagi bisa koordinasikan ke kami, kami sudah siapkan tim khusus yang melakukan pemantauan. Selebihnya kami juga akan dalami lagi, apakah ada unsur pidana atau tidak," ujarnya. 
 



Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network