Husodo Angkosubroto, Raja Pisang Sunpride Berharta Rp17,4 Triliun

Shelma Rachmahyanti
"Raja Pisang" Husodo Angkosubroto memiliki ribuan hektar kebun pisang di Lampung dan Blitar. Jenis pisang yang ditanam cavendish dan pisang mas. Di pasaran dijual dengan brand pisang Sunpride. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.idHusodo Angkosubroto adalah Chairman PT Gunung Sewu Kencana (GSK). Dengan total kekayaannya sebesar USD 1,22 miliar atau setara Rp 17,44 triliun (kurs Rp14.300 per USD), generasi kedua dari keluarga Angkosubroto menempati urutan ke-35 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

GSK sendiri merupakan perusahaan holding. Perusahaan ini berinvestasi di empat sektor utama yaitu makanan, properti, keuangan, dan manufaktur.

Adapun GSK didirikan pada tahun 1953 oleh ayah Husodo. Memiliki model bisnis sebagai trader komoditas.

Lewat induk usaha bernama Great Giant Food (GGF), Husodo dan keluarganya memiliki 6 perusahaan makanan.

Salah satu yang paling populer adalah Sewu Segar Nusantara (SSN) yang menjual buah-buahan segar lokal maupun impor seperti pisang, nanas, jambu, apel dan pir yang tersedia di berbagai supermarket di Tanah Air dengan merek Sunpride.

PT Sewu Segar Nusantara didirikan pada tahun 1995 sebagai anggota dari kelompok investasi unggulan Gunung Sewu Kencana (GSK) yang memiliki keahlian yang luas di beberapa bidang antara lain yaitu makanan, agribisnis, asuransi jiwa, barang-barang konsumen, sumber daya alam, teknologi informasi serta properti.

Unit bisnis dari kelompok GSK telah membentuk jaringan distribusi yang luas di seluruh nusantara dan juga hubungan pemasok dan pengecer yang kuat.

PT Sewu Segar Nusantara berfokus pada distribusi dan pemasaran buah lokal yang bekerja sama dengan PT Great Giant Pineapple untuk menghasilkan beberapa buah lokal yang ditanam di daerah Lampung di atas lahan lebih dari 3,500 Ha antara lain Pisang Cavendish, Guava Crystal, Nanas Honi, dan Pepaya.

Selain itu juga PT Sewu Segar Nusantara bekerja sama dengan petani lokal menghasilkan Golden Melon, dan Rock Melon di Jawa Barat, Jeruk Baby, dan Jeruk Keprok di Jawa Timur, dan Jeruk Medan, Pisang Barangan dan Jeruk gerga di Sumatera, serta dipercaya dan diandalkan oleh lebih dari 4,000 pengecer.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network