Kisah Naufal Athallah, Disabilitas Tuli Diminta Lepas ABD saat UTBK SNBT karena Dikira Joki

Jihaan Hanifah Yarra
ilustrasi peserta tes UTBK SNBT. (IST)


JAKARTA, iNewsSemarang.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 menyisakan cerita sedih bagi Naufal Athallah (18), penyandang disabilitas Tuli.

Bagaimana tidak, dia diminta panitia untuk melepaskan alat bantu dengar (ABD) saat mengikuti ujian seleksi universitas.

Sikap panitia tersebut menjadi sorotan dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI). Ketua PPDI DKI Jakarta Leindert Hermeinadi menilai kejadian itu memperlihatkan kurangnya pemahaman atas hak-hak para penyandang disabilitas.

“Kita disuruh lepas alat yang vital bagi kita, seperti alat bantu dengar. Dia mau tes tapi enggak boleh dengar. Berarti kan pemahamannya tentang disabilitas rendah,” tegas Leindert, dikutip dari BBC News Indonesia, Jumat (21/6/2024).

Naufal Athallah merupakan penyandang disabilitas Tuli sejak usia tiga tahun dan menggunakan alat bantu dengar (ABD) pada usia empat tahun. ABD bagi Naufal memiliki peran yang penting dalam hidupnya.

“ABD adalah penyelamat hidup saya. Soalnya itu alat yang membuat saya bisa mendengar, bisa mengobrol tanpa bahasa isyarat, dan memahami keadaan,” kata Naufal.

Namun ABD itu harus dia tanggalkan saat mengikuti UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Universitas Indonesia, pada 14 Mei lalu, bersaing dengan siswa sekolah tingkat atas lainnya untuk memperebutkan kursi universitas negeri.

”Saya berharap di SNBT. Jangan sampai di [jalur] mandiri soalnya biayanya mahal. Dari SNBT saya berjuang dan semangat belajar untuk masuk PTN yang saya impikan,” katanya.

Siswa kelas 12 SMK di Tangerang Selatan itu bercerita, saat pendaftaran SNBT tidak ada opsi bagi penyandang tunarungu, tapi hanya untuk tunanetra dan tunadaksa. ”Panitia bilang kalo tidak ada opsi tidak usah diklik,” katanya.

Naufal pun mengosongkan kolom tersebut. Dia lalu mempersiapkan diri untuk fokus belajar. Tiba saatnya hari ujian datang. Naufal menunggu di luar ruang UTBK. Sambil menghapal rumus dan memanjatkan doa, dia mendengar suara dari peserta lain yang mencurigainya sebagai penjoki karena menggunakan ABD.

“Saya dengar ada (peserta lain) yang bilang itu alat yang ditelinga, apa ya. Saya dicurigai penjoki UTBK. Pas dengar kalimat dicurigai, saya jadi was-was,” kata Naufal.Sebelum ujian berlangsung, Naufal mendatangi panitia.

"Saya tanya apakah saya bisa menggunakan alat bantu dengar saat ujian, soalnya saya tunarungu." Namun, katanya, panitia seleksi tidak mengizinkan. Dia pun terpaksa melepaskan ABD.

”Sebenarnya saya memutuskan melepas ABD karena disuruh lepas sama panitia nya, padahal saya sudah menanyakan dan meminta izin apakah bisa menggunakan ABD saat ujian dikarenakan saya tunarungu,” katanya.

”Jujur karena kondisinya agak hectic saya tidak sempat tanya alasannya, dia bilang saat ujian ABD nya dilepas begitu” ingat Naufal.

Dia pun memutuskan melepaskan ABD saat ujian. Usai dilepas, dia mengaku tidak lagi bisa mendengar dan mengikuti semua arahan dari panitia.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network