Viral Tim Dokter Bedah RSUD Indramayu Temukan 70 Paku Bersarang di Perut Pria Ini

Andrian Supendi
Tim dokter bedah RSUD Indramayu menemukan puluhan paku dalam perut pria diduga ODGJ. (Foto: MPI)

INDRAMAYU, iNewsSemarang.id - Tim dokter bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu, Jawa Barat dikejutkan dengan kejadian tidak lazim berupa temuan puluhan paku dan benda tajam lainnya yang bersarang dalam perut seorang pria berusia 22 tahun. 

Hal itu diketahui setelah dokter melakukan rontgen terhadap pria berinisial SH (22) yang diduga berstatus orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Dari hasil foto Rontgen itu diketahui ada banyak paku berukuran besar bersarang di dalam lambung korban.

Direktur RSUD Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, pasien tersebut merupakan pasien rawat inap penderita gangguan jiwa (ODGJ) yang sedang menjalani perawatan di Ruang Malgova.

"Jadi si pasien ini adalah penderita rawat inap di Ruang Malgova. Setelah dilakukan anamnesis atau dilakukan tanya jawab dengan dokter spesialis jiwa kami, pasien tersebut ada keluhan suka sakit perut, kemudian suka muntah," kata Deden, Minggu (23/6/2024).

Deden menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak keluarga, pasien tersebut terkadang suka memakan jarum pentul sejak satu tahun lalu.

"Nah, setelah mendapatkan informasi ini, akhirnya sama dokter spesialis jiwa kami dilakukan pemeriksaan penunjang yaitu di radiologi (Rontgen)," ungkap dia.

Dari hasil Rontgen tersebut, Deden menyampaikan, terlihat ada benda asing di dalam tubuh pasien yang diduga adalah paku. "Setelah itu, akhirnya dikonsulkan ke dokter spesialis bedah, dan kemudian untuk diadvis untuk dilakukan operasi segera," ujar dia.

Operasi 2 Jam

Salah satu dokter spesialis bedah yang menangani pasien tersebut langsung mengambil tindakan operasi selama dua jam. Dari hasil tindakan cepat itu, didapati sebanyak 70 batang paku yang sudah masuk ke dalam lambung si pasien.

"Jadi operasi berlangsung sekitar 2 jam. Itu kami dapatkan ada 70 paku, kalau orang kita bilang jenis pakunya itu paku reng atau paku besi," beber Deden.

Deden menyatakan, saat ini pasien tersebut sudah dalam tahap pemulihan dan akan menjalani perawatan selama satu Minggu ke depan.

"Kondisinya bagus ya, dalam pemulihan. Kita targetkan dirawat selama satu minggu. Dia sekarang kami pindahkan ke Ruang Mana Lagi," kata dia.(Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network