50 Anggota DPRD Kota Semarang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Mayoritas Wajah Lama

Mualim
Pelantikan Anggota DPRD Kota Semarang periode 2024-2029. (Dok)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang periode 2024-2029 resmi dilantik pada Rabu (14/8/2024) di Gedung DPRD Kota Semarang. Sekitar 70 persen dari mereka adalah wajah-wajah lama yang sudah dikenal masyarakat.

Pelantikan ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji jabatan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Semarang, Judi Prasetya, dan diikuti oleh seluruh anggota dewan. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan anggota dewan dan Ketua Pengadilan Negeri, penyematan pin, serta penyerahan surat tugas kepada anggota DPRD untuk masa jabatan 2024-2029.

Pelantikan ini didasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/104 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan anggota DPRD Kota Semarang periode 2024-2029. 

Anggota DPRD yang baru dilantik ini berasal dari berbagai latar belakang, termasuk pengusaha, pensiunan ASN/BUMN/BUMD, serta aktivis sosial, mencerminkan keragaman masyarakat Kota Semarang. 

Dalam pemilihan kali ini, PDIP berhasil mendominasi dengan 14 kursi, disusul oleh Gerindra dengan 7 kursi. 

Partai Demokrat dan PKS masing-masing memperoleh 6 kursi, sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masing-masing meraih 5 kursi. Golkar mengamankan 4 kursi, sedangkan PAN, Nasdem, dan PPP masing-masing mendapatkan 1 kursi.

Pelantikan ini juga menandai berakhirnya masa jabatan anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024. 

Masyarakat Kota Semarang memiliki harapan besar agar anggota DPRD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas mereka dengan baik, transparan, dan berorientasi pada kemajuan daerah.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network