Kronologi Kebakaran di Lereng Gunung Telomoyo, Berawal saat Warga Bakar Rumput

Ahmad Antoni
Kebakaran terjadi di Petak 20 BKPH Ambarawa KPH Kedu Utara Gunung Telomoyo, Dusun Tolokan, Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (18/9/2024). (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Kebakaran terjadi di Petak 20 BKPH Ambarawa KPH Kedu Utara Gunung Telomoyo, Dusun Tolokan, Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (18/9/2024) pukul 18.00 WIB.

Berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Tengah, kebakaran berawal saat warga yang membakar rumput/seresah daun dan menjalar naik ke atas Gunung Telomoyo dan lokasi terbakar ada di lereng dan jurang jarak dari pemukiman terdekat 2 km.
 
Disebutkan, Lereng Gunung Telomoyo terbakar dengan luasan masih dalam assessment. Jarak dari pemukiman terdekat sekitar 2 kilometer dari titik kebakaran, 

Tiga dusun terdekat dengan lokasi terdampak kebakaran yakni Dusun Dangklik, Salaran dan Tolokan saat ini dalam kondisi aman.

Semenatara itu, BPBD Provinsi Jawa Tengah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Semarang dan CDK Wilayah III terkait upaya penanganan kebakaran.

Kemudian, BPBD Kabupaten Semarang bersama dengan MPA, MMP, KPA, KKA, KTH, Perhutani, kepolisian, babinsa dan masyarakat melakukan pemantauan dan antisipasi penyebaran ke wilayah pemukiman, SedangkanTim Relawan, MPA dan MMP melakukan upaya pemadaman di lokasi. 

Hingga saat ini, dilaporkan kobaran api belum padam dan cenderung menjalar ke atas. 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network