Minyak Goreng Langka, Minyak Kelapa Produksi Warga di Kebumen Laris Manis

Joe Hartoyo
Dalikun, warga Desa Karangreja, Kebumen, sedang membuat minyak goreng dari bahan baku kelapa. Minyak kelapa produksi rumahan ini laku keras di pasaran, terutama sejak terjadi kelangkaan minyak goreng. Foto: Joe Hartoyo/iNews

KEBUMEN, iNewsSemarang.id – Kelangkaan minyak goreng menjadi berkah bagi pembuat minyak kelapa di Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Dalikun membuat minyak goreng dari bahan baku kelapa. Selain digunakan sendiri, minyak kelapa buatannya juga dijual ke pasaran. Bahkan sejak minyak goreng langka, penjualan minyak kelapa produksinya naik hingga 30 persen.

“Membuat minyak kelapa sebenarnya tidak sulit. Dengan pemilihan bahan baku kelapa yang sudah benar-benar tua dan masaknya benar, maka akan menghasilkan minyak kelapa yang berkualitas,” kata Dalikun, Jumat (4/3/2022).

Dalikun mengaku tidak kesulitan memperoleh bahan baku karena melimpah di daerahnya. Meskipun produksi dalam skala rumahan dan tradisional, minyak kelapa cukup diminati di pasaran.  Dia bahkan mampu memroduksi 1,5 ton dalam satu bulan.

Bagi warga yang kreatif membuat minyak kelapa, kelangkaan minyak goreng di pasaran tidak sepenuhnya berpengaruh. Sejak minyak goreng langka, pemasaran minyak kelapa menjadi lebih bagus.

Namun karena keterbatasan alat dan modal, Dalikun kesulitan menaikkan jumlah produksi. Sementara untuk bahan baku, di Kebumen kelapa melimpah tidak ada kesulitan.

Minyak kelapa murni dinilai lebih sehat. Pihaknya berharap ada perhatian dari Pemkab Kebumen. Seperti mendapatkan bantuan alat dan permodalan.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network