Aktif Berjuang Bela Palestina, Menlu Retno Raih Penghargaan Mujahidah Diplomasi Award dari MUI

Wahyu Dwi Anggoro
Menlu Retno Terima Penghargaan dari MUI untuk Perjuangannya Bela Palestina. (Foto: MNC Media)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan penghargaan Mujahidah Diplomasi Award kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi pada Kamis (3/10/2024). MUI mengapresiasi komitmen Retno dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

 “Penghargaan ini adalah pengingat bahwa perjuangan untuk Palestina adalah perjuangan kita bersama," kata Retno dalam sambutannya. 

“Kita bersyukur, perjuangan diplomasi Indonesia untuk Palestina mendapatkan dukungan besar dari masyarakat Indonesia dan organisasi masyarakat. MUI dan Baznas termasuk mitra penting dalam perjuangan tersebut," katanya.

Selanjutnya, Retno menekankan isu Palestina sangat kental diangkat dalam dunia internasional, termasuk selama partisipasinya di Sidang Majelis Umum (SMU) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-79 di New York yang baru saja digelar.

"Indonesia tidak akan tinggal diam. Indonesia termasuk di garis depan dalam membela perjuangan bangsa Palestina. Diplomasi Indonesia memilih untuk berpihak membela keadilan dan kemanusiaan, membela yang benar, against all odds," kata Retno.

"Selama 10 tahun terakhir, selain bantuan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang sangat besar, kita juga salurkan 189 capacity building kepada lebih dari 2.000 beneficiaries Palestina. Dan tentunya, pembangunan RS Indonesia di Gaza. Hal ini belum teHalrmasuk komitmen penyaluran bantuan ke Palestina melalui saluran lain seperti International Labour Organization (ILO) dan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA)," kata Retno

Menutup sambutannya, Retno menyampaikan bahwa menjalankan politik luar negeri yang bermartabat ditengah situasi dunia yang kental dengan rivalitas tajam perlu Upaya keras. Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan selama masa jabatannya, serta mengingatkan seluruh bangsa Indonesia untuk tidak pernah lelah dalam membela kebenaran.  

Selain memberikan penghargaan, pada kesempatan ini, MUI dan Baznas juga telah meluncurkan sebuah buku dengan judul Retno Marsudi Mujahidah Diplomasi Indonesia, juga sebagai apresiasi atas upaya Retno memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui diplomasi. (Arni Sulistiyowati) 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network