4 Napiter Lapas Pasir Putih Nusakambangan Ikrar Setia Kepada NKRI

Eka Setiawan
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan menyelenggarakan prosesi Ikrar Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 4 (empat) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis, (10/10). Foto: Dok

CILACAP, iNewsSemarang.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan menyelenggarakan prosesi Ikrar Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 4 (empat) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis, (10/10).

Acara ini dihadiri oleh Kepala UPT se-Nusakambangan di lingkungan Kemenkumham Jateng, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan, _stake holder_ Detasemen Khusus 88 Anti-Teror (Densus 88 AT), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, perwakilan Badan Intelijen Negara (BIN) RI, Perwakilan Polresta Cilacap yang dihadiri Kapolsek Nusakambangan, perwakilan Kodim 0703 Wijayakusuma Cilacap dan Kemenag Kabupaten Cilacap.

Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo selaku Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT menyampaikan amanat dan pesan dalam acara ini.

"Selamat kepada keempat orang Napiter yang hari ini mengucapkan lkrar Setia NKRI. Ikrar merupakan suatu langkah perubahan dalam rangka upaya deradikalisasi dan reintegrasi sosial, "jelasnya.

"Sebagai wujud komitmen untuk kembali kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. Hal ini juga merupakan wujud kesadaran untuk tidak lagi terlibat dalam kegiatan terorisme. Saya berharap, dalam pernyataan ikrar NKRI ini dapat menjadi momentum bagi saudara untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik, "tambahnya.

Prosesi Ikrar Setia ini merupakan bagian dari program pembinaan yang bertujuan untuk menanamkan nilai - nilai kebangsaan dan komitmen terhadap NKRI di kalangan para WBP. 

Sebelum menutup sambutan, Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo menambahkan pesan dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi - tingginya kepada Kepala Lapas serta jajaran Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan dan stake holder terkait atas komitmen dalam penyelenggaraan agenda program pembinaan dalam Lapas khususnya di Lapas Pasir Putih.

"Acara ini juga merupakan hasil refleksi dari sinergi yang terjalin antara Lembaga pemasyarakatan dengan institusi keamanan penegak hukum terkait dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban nasional. Kegiatan ini menunjukkan sinergitas komitmen bersama yang kuat dalam mewujudkan progran pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan Kemenkumham Jateng,"ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto melalui Kalapas Pasir Putih, Enjat Lukmanul Hakim. 

Selain itu, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, akan menjadi motivasi bersama antar-stakeholder dalam melaksanakan kewajiban sebagai aparat penegak hukum untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana agar dapat memiliki perubahan perilaku yang semakin baik dan mempunyai kepribadian yang berkualitas dengan memiliki landasan moral keagamaan dan kebangsaan yang lebih baik daripada sebelumnya. 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network