Tingkatkan Kualitas Dokter, FK Undip, RSUP dr. Kariadi dan RSUD Wongsonegoro Teken Kerjasama

Arni Sulistiyowati
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi serta RSD KRMT Wongsonegoro melakukan penandatanganan kerja sama terkait peningkatan kualitas pendidikan dokter spesialis dan sub spesialis. (Foto: Dok)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Bertempat di RSUP dr. Kariadi, Senin (7/10), Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi serta RSD KRMT Wongsonegoro melakukan penandatanganan kerja sama terkait peningkatan kualitas pendidikan dokter spesialis dan sub spesialis. 

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, nantinya, RSD KRMT Wongsonegoro akan menjadi Rumah Sakit pendidikan satelit program pendidikan dokter spesialis dan sub spesialis untuk Fakultas Kedokteran Undip hingga tahun 2027.

Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi upaya ketiga belah pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran spesialis dan berharap kerja sama yang berlangsung hingga tahun 2027 tersebut dapat mencetak tenaga kesehatan yang handal.

“Hari ini Alhamdulillah, RSUP dr. Kariadi bersama Fakultas Kedokteran Undip telah menandatangani kerja sama dengan RSUD Wongsonegoro, khususnya dalam penempatan mahasiswa PPDS,” tutur Mbak Ita, sapaan akrab wali kota.

Melalui kerja sama tersebut, dirinya berharap mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis UNDIP dapat menyalurkan ilmu yang telah didapatkan untuk diterapkan di RSUD Wongsonegoro (RSWN) maupun RSUP dr. Kariadi.

"Kami matur nuwun, karena kita tahu bahwa RSWN membutuhkan calon-calon dokter spesialis yang handal. Sehingga transfer ilmu dari PPDS Fakultas Kedokteran Undip sangat kita butuhkan," pungkas Mbak Ita.

Senada dengan wali kota, Direktur Utama RSUD Wongsonegoro, Eko Krisnarto menyampaikan bahwa kerja sama tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan rumah sakit dalam memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

“Kerja sama ini kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan rumah sakit. Selain itu juga mengampu rumah sakit yang ada di Kota Semarang, dengan begitu nantinya kita bisa berbagi beban pendidikan dan beban pelayanan. Jadi tidak hanya berpusat di satu rumah sakit saja,” kata Eko.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Yan Wisnu Prajoko memberikan apresiasi kepada wali kota Semarang atas penandatanganan kerja sama tersebut. "Pemkot Semarang khususnya Bu Wali sudah menunjukkan dukungan terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan kesehatan," kata Dwi.

Menurut Wisnu, jejaring itu sangat diperlukan untuk meningkatkan indeks kesehatan sekaligus performa rumah sakit yang ada dalam jejaring tersebut.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network