Jalur Rel Gubug-Karangjati Putus Imbas Tergerus Banjir, Ini Daftar 30 KA yang Dialihkan Rutenya

Ahmad Antoni
Penampakan jalur rel KA antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan, putus tergerus banjir. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Perjalanan kereta api kembali mengalami gangguan akibat luapan air di jalur kereta api pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan lintas Semarang-Surabaya. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut, Demi menjaga keselamatan perjalanan, jalur tersebut ditutup sementara mulai Jumat, 24 Januari 2025 pukul 22.25 WIB malam kemarin.

Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menegaskan bahwa keselamatan adalah prioritas utama. Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif. KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.

“Sebagai langkah mitigasi, kami memberlakukan rekayasa pola operasi melalui jalur alternatif. Pola operasi ini mengalihkan rute beberapa kereta api melalui lintas Surabaya Pasar Turi –Cepu-  Gambringan – Gundih – Kedungjati- Brumbung - Semarang serta lintas Surabaya Pasar Turi – Surabaya Gubeng – Madiun- Solo Jebres – Gundih – Brumbung - Semarang,” jelas Franoto, Sabtu (25/1/2025)

Pengalihan Perka melalui lintas Surabaya Pasar Turi – Cepu- Gambringan – Gundih – Kedungjati- Brumbung- Semarang:

1.    KA Airlangga (KA 235) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen

2.    KA Airlangga (KA 236B) relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi

3.    KA Ambarawa Ekspres (KA 231) relasi Surabaya Pasar Turi - Semarang Poncol

4.    KA Ambarawa Ekspres (KA 232) relasi Semarang Poncol- Surabaya Pasar Turi

5.    KA Blambangan Ekspres (KA 186B) relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi

6.    KA Blambangan Ekspres (KA 185B) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen

7.    KA Dharmawangsa Ekspres (KA 132A) relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi

8.    KA Dharmawangsa Ekspres (KA 131) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen

9.    KA Harina (KA 125) relasi Surabaya Pasar Turi – Cikampek

10.    KA Harina (KA 126A) relasi Cikampek - Surabaya Pasar Turi

11.    KA Parcel Utara (KA 284) relasi Kampung Bandan- Surabaya Pasar Turi

12.    KA Parcel Utara (KA 283) relasi Surabaya Pasar Turi – Kampung Bandan

13.    KA Sembrani (KA 61) relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

14.    KA Sembrani (KA 62A) relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

15.    KA Sembrani Tambahan (KA 7010A) relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

Pengalihan Perka melalui Lintas Surabaya Pasar Turi – Surabaya Gubeng – Madiun- Solo Jebres – Gundih – Brumbung - Semarang:

1.    KA Argo Bromo Anggrek (KA 1) relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

2.    KA Argo Bromo Anggrek (KA 2) relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

3.    KA Argo Bromo Anggrek (KA 3) relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

4.    KA Argo Bromo Anggrek (KA 4) relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

5.    KA Gumarang (KA 129A) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen

6.    KA Gumarang (KA 130A) relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi

7.    KA Jayabaya (KA 107) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen

8.    KA Jayabaya (KA 108) relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi

9.    KA Kertajaya (KA 220A) relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi

10.    KA Kertajaya (KA 219A) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen

11.    KA Pandalungan (KA 77F) relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

12.    KA Pandalungan (KA 78F) relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

13.    KA Sembrani (KA 63) relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

14.    KA Sembrani (KA 64) relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi

15.    KA Sembrani Tambahan (KA 7009A) relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan. 

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan. Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam perjalanan,” tambah Franoto.

Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: cs@kai.id, dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).

“Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pihak selama masa penanganan ini. Keselamatan  perjalanan kereta api adalah prioritas kami,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network