Sebut Invasi Rusia Bakal Sasar Polandia, Ukraina Minta Rudal dan Jet Tempur dari NATO

Ahmad Islamy Jamil
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. (Foto: Reuters)

 

LVIV, iNewsSemarang.id - Presiden Ukraina, Volodymyr Zalensky, menyebut setelah menginvasi negaranya, Rusia berikutnya bakal menyasar anggota NATO di Eropa Timur, termasuk Polandia. Maka dari itu, Zalennsky mendesak para pemimpin NATO agar meningkatkan dukungan militer bagi negaranya untuk melawan pasukan Rusia. 

Zelensky mengatakan, Ukraina membutuhkan jet tempur, tank, senjata rudal antikapal, dan pertahanan udara yang ditingkatkan untuk mengusir pasukan Rusia di saat perang memasuki bulan kedua.

“Saya yakin Anda memahami bahwa Rusia tidak berniat berhenti di Ukraina,” kata Zelensky dalam pidato video yang dirilis oleh Kepresidenan Ukraina untuk pertemuan puncak NATO di Brussels, Belgia.

“Dia (Rusia) ingin melangkah lebih jauh. Melawan anggota timur NATO. Negara-negara Baltik. Polandia pasti,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan, pihaknya tidak akan mengirimkan pasukan atau pesawat ke Ukraina. Akan tetapi, menurut laporan Reuters, aliansi militer itu diperkirakan tetap akan meningkatkan dukungannya untuk Ukraina.

Zelensky mengatakan, dia berterima kasih atas dukungan yang diterima Ukraina dari masing-masing negara anggota NATO.

“Tapi NATO belum menunjukkan apa yang bisa aliansi ini lakukan untuk menyelamatkan orang-orang. Rasanya seperti kita berada di zona abu-abu antara Barat dan Rusia, tapi kami melindungi semua nilai-nilai kami dan Anda bersama,” ucap Zelensky.

“Aliansi ini (NATO) masih dapat mencegah kematian warga Ukraina dari serangan Rusia, dari pendudukan Rusia dengan memberi kami semua senjata yang kami butuhkan,” kata dia.

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network