SEMARANG, iNewsSemarang.id – Generasi Z yang lahir pada rentang tahun 1997-2012, merupakan generasi yang fasih dalam menggunakan gawai, termasuk di dalamnya dalam bermedia sosial.
Generasi Z juga berada pada masa di mana mereka dapat mengakses dana dengan mudah lewat kehadiran layanan digital lembaga keuangan seperti asuransi, e-wallet, bank digital, dan juga pinjaman daring.
Kemudahan akses tersebut perlu diimbangi dengan pemahaman tentang perencanaan keuangan agar generasi muda dapat menjalani masa kini dan menghadapi masa depan yang penuh tantangan.
Menyadari hal tersebut, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), sebagai perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang berfokus pada nasabah dengan dukungan teknologi digital, kembali menegaskan komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan generasi muda melalui program "FWD Day" di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, untuk membantu Generasi Z dalam memanfaatkan media sosial untuk memberdayakan mereka, baik untuk personal branding dan persiapan karier.
Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025, indeks literasi keuangan mencapai 66,46 persen. Hal ini meningkat dibanding SNLIK 2024 yang menunjukkan indeks literasi keuangan 65,43 persen. FWD Insurance menghadirkan FWD Day sebagai upaya untuk mendukung program peningkatan literasi keuangan, khususnya kepada mahasiswa.
FWD Day dihadirkan dengan pembahasan tentang pengenalan tentang industri asuransi jiwa, pengetahuan perencanaan keuangan yang esensial, serta pemberdayaan pribadi melalui personal branding yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai generasi muda.
“FWD Insurance melihat potensi besar mahasiswa sebagai populasi produktif. Melalui FWD Day, kami ingin hadir ditengah-tengah mereka agar mereka dapat meningkatkan kualitas personal, membuat keputusan finansial yang cerdas, mandiri secara ekonomi, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Inilah upaya kami dalam mewujudkan visi mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi,” kata Rudy F. Manik, Chief Human Resources and Marketing Officer FWD Insurance, Rabu (28/5)
Dalam pelaksanaannya, FWD Day dikemas dengan format yang menarik dan interaktif bagi mahasiswa. Mulai dari sesi talk show Ztart Up Talk yang membahas tentang membangun personal branding yang kuat, dasar pengelolaan keuangan, investasi, termasuk asuransi, serta peluang karier di industri asuransi jiwa, yang dibawakan oleh pembicara berpengalaman.
“Kami berharap melalui program FWD Day, mahasiswa dapat semakin percaya diri dalam mewujudkan aspirasi dan passionnya, sejalan dengan semangat Play My Way yang kami bawa di tahun ini. Kami ingin menjadi bagian dalam perjalanan hidup mahasiswa yang unik, yang akan menjadi kekuatan di masa depan,” jelasnya.
Editor : Ahmad Antoni
Artikel Terkait