Buya Syafii Maarif Wafat, Begini Sosoknya di Mata Putri Gus Dur

Widya Michella
Alissa Wahid, Ketua PBNU dan putri Gus Dur, mengenang Buya Syafii Maarif sebagai sosok yang berhati bersih dan sederhana. Foto: Dok. Sindonews

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau yang dikenal Buya Syafii, meninggalkan kesan mendalam bagi publik tanah air. Tak tekecuali di kalangan tokoh Nahdlatul Ulama.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) Alissa Wahid mengaku sangat kehilangan atas wafaatnya Ketua PP Muhammadiyah periode 1998-2005 itu. Putri Gus Dur ini mengenang Buya Syafii sebagai sosok yang berhati bersih dan sederhana.

“Saya bersaksi, Buya orang yang berhati bersih, bernurani jernih, segalanya dilakukan untuk umat dan bangsa. Ya Allah, bangsa ini sungguh kehilangan mutiaranya. Ya Allah....,” kata Alissa melalui akun Twitternya, Jumat (27/5/2022).

Alissa juga mengaku sering menjadikan Buya Syafii sebagai tempat untuk meminta petuah dan nasihat ketika menghadapi kondisi bangsa yang sedang pelik.

“Setiap kali saya sudah merasa 'mentok tembok' menghadapi kondisi bangsa, saya berlabuh mohon petuah Buya Maarif,” tutur Alissa.

Selain itu, Alissa mengaku Buya Syafii juga menjadi sosok yang menginspirasi dirinya. Hal itu pun membuat dirinya tak berani merasa sebagai sosok yang besar

“Gara-gara Buya, saya lebih memilih naik pesawat kelas ekonomi, kecuali masa pandemi karena alasan prokes,” ujar putri sulung Gus Dur ini.

Sementara itu, PBNU juga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Buya Syafii. Ucapan tersebut disampaikan melalui Instagram resminya.

"Turut berduka atas meninggalnya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif," bunyi keterangan dalam akun Instagram PBNU @nahdlatululama, Jum'at,(27/05/2022).

PBNU pun turut mendoakan kepergian beliau dan berharap almarhum Buya Syafii meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan diterima segala amal ibadahnya.

"Semoga beliau khusnul khotimah, diterima amal ibadahnya, dan diampuni kesalahannya. Amin," tulisnya menambahkan.

Sejumlah netizen pun turut berkomentar dan mendoakan kepergian sosok besar yang banyak menginspirasi ini.

"Innalillahi, beliau orang baik tokoh besar Indonesia Alfatihah," ucap akun @rezaaldians.

Diberitakan, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia, Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB, di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Buya Syafii Maarif merupakan ulama dan cendikiawan muslim Indonesia. Selain Ketua Umum PP Muhammadiyah, beliau pernah menjabat sebagai Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP). Sosoknya dikenal sebagai negarawan yang sederhana.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network