get app
inews
Aa Read Next : Masjid Agung Kaliwungu Terima 12 Ekor Hewan Kurban, Daging Didistribusikan ke 53 RT

Doa Terbaik Hari Arafah, Bisa Diamalkan

Sabtu, 09 Juli 2022 | 11:20 WIB
header img

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Salah satu waktu mustajab berdoa adalah pada hari Arafah. Hari Arafah adalah  puncak ibadah haji dengan melakukan wukuf di Padang Arafah. 

Berdoa mustajab atau doa mustajab adalah berdoa yang pasti akan dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dihimpun dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan ada bacaan doa terbaik di hari Arafah, doa tersebut adalah  "Laa ilaha illallah".

Berdasarkan penjelasan dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

"Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para nabi sebelumku adalah ucapan 'Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya-in qodiir (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu)'."

(HR Tirmidzi nomor 3585; Ahmad, 2:210. Syekh Al Albani menyatakan hadis ini sahih dilihat dari syawahid atau penguat-penguatnya, Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah Nomor 1503, 4:8)

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut