get app
inews
Aa Read Next : WHO Ungkap Kunci Asal-Usul Covid-19 Dipegang China

Kapal Perusak USS Benfold Berlayar di Wilayah Sengketa, China Tuding AS Provokasi Ketegangan

Sabtu, 16 Juli 2022 | 13:35 WIB
header img
Kapal perang USS Benfold berlayar di perairan sengketa Laut China Selatan (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsSemarang.id - Setelah pada Rabu lalu kapal Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) USS Benfold sempat diusir oleh militer China karena berlayar di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan. Kapal yang sama kembali berlayar di dekat Kepulauan Spratly, Laut China Selatan, Sabtu (16/7/2022).

Sebagai informasi, wilayah tempat berlayar USS Benfold merupakan sebuah perairan yang disengketakan China dengan negara Asia Tenggara.

Angkatan Laut AS dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Reuters, menjelaskan kapal tersebut sedang menjalankan operasi kebebasan navigasi kedua di Laut China Selatan dalam sepekan ini.

"Pada 16 Juli, USS Benfold (DDG 65) menegaskan hak dan kebebasan navigasi di Laut China Selatan dekat Kepulauan Spratly, sesuai dengan hukum internasional," bunyi pernyataan Angkatan Laut AS, seperti dikutip dari Reuters.

Angkatan Laut AS secara rutin melakukan operasi kebebasan navigasi di Laut China Selatan sebagai perlawanan atas pembatasan lintas damai oleh China.

China mengatakan tidak menghalangi kebebasan navigasi atau penerbangan, namun menuduh AS sengaja memprovokasi ketegangan.

Senin 11 Juli menandai tahun keenam keputusan Pengadilan Internasional yang membatalkan klaim China atas Laut China Selatan, rute perdagangan internasional yang strategis.

China tidak mengakui putusan tersebut. Negeri Tirai Bambu mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, yang bersinggungan dengan Vietnam, Filipina, Malaysia, Taiwan, dan Brunei Darussalam, sebagai wilayahnya berdasarkan 9 garis putus-putus.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut