get app
inews
Aa Read Next : Mbak Ita Harap Kirab Ki Ageng Pandanaran Jadi Penyemangat Masyarakat Membangun Kota Semarang

5 Simbol Kirab Budaya HUT ke-77 RI, dari Kereta Kencana hingga Pasukan Satria Nusantara

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:52 WIB
header img
Kirab Budaya memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI. Foto Youtube

JAKARTA, iNewsSemarang.idKirab Budaya menjadi salah satu suguhan yang menarik dari perayaan HUT ke-77 RI. Dalam momen ini, Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi dibawa dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kirab budaya yang menjadi rangkaian dari Upacara HUT ke-77 RI. Salah satunya adalah semangat untuk menyatukan bangsa Indonesia di satu momen bersejarah. Tak hanya itu, banyak makna filosofi terkandung di dalam setiap unsur yang terlibat.

Nah, di pembahasan kali ini iNewsSemarang.id mengutip dari MNC Portal akan menyampaikan 5 fakta menarik soal Kirab Budaya Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (17/8/2022).

1. Kereta Kencana Ki Jaga Rasa

Kereta kencana yang bertugas di kirab budaya 2022 adalah Kereta Kencana Ki Jaga Rasa. Menurut informasi yang dibagikan oleh host di siaran langsung Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang disiarkan di Youtube Sekretariat Negara, kereta kencana ini punya filosofi yang teramat indah.

Ki merupakan sebutan kemuliaan pada seseorang atau benda yang bertahta prabu menjaga dan melindung, mengayomi, merawat rasa sisi kesempurnaan hidup yang menunjukkan hati dan hidup yang mulia. Sikap dan perilaku yang dijaga hati baik diri sendiri maupun orang lain.

2. Enam ekor kuda

Ada enam ekor kuda yang akan membawa kereta kencana tersebut. Keenam kuda tersebut memiliki nama masing-masing, yaitu Gunung Kondo, Gunung Sinabung, Bunga Akasia, Bunga Seruni, Bunga zinnia, dan Bunga Rasidah.

3. Pembawa Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi

Bertugas membawa Sang Saka Merah Putih adalah Irene Odelia Astono, sedangkan Teks Proklamasi dibawa oleh Qyara Maharani Putri. Kedua putri Indonesia ini merupakan Purna Paskibraka Duta Pancasila. Tahun lalu dia bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut