get app
inews
Aa Read Next : Ilmuwan Yakini Pernah Ada Kehidupan di Planet Mars, Ada Pertemuan Sungai dan Danau

NASA Temukan Planet Baru Mirip Surga, Dilapisi Air yang Sangat Jernih

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13:13 WIB
header img
Sebuah planet yang tertutup lapisan air yang sangat jernih ditemukan oleh sekelompok peneliti di luar angkasa. Foto Benoit Gougeon/Université de Montréal

WASHINGTON, iNewsSemarang.id - Ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini menemukan 'planet laut' mirip dengan film "Waterworld" yang disebut Planet Surga.

Planet yang tertutup lapisan air sangat jernih itu disebut sangat mirip dengan cerita dalam film aksi produksi tahun 1995 yang dibintangi aktor Kevin Costner.

Seperti dilansir di akun Sosial Media NASA Jumat (26/8/2022), mereka mengatakan, planet ini terletak 100 tahun cahaya dari bumi dan benar-benar tertutup oleh lapisan air yang sangat jernih.

Planet ini mengorbit salah satu dari dua bintang kecil yang terletak di konstelasi Draco dan ditemukan oleh tim peneliti internasional. Tim peneliti dipimpin oleh Charles Cadieux, seorang mahasiswa doktoral di Université de Montréal dan anggota Institute for Exoplanet Research (iREx).

Teleskop ruang angkasa National Aeronautics and Space Administration, TESS, memungkinkan para peneliti untuk memindai ruang dalam untuk sistem planet dekat Bumi.

Sebelumnya, NASA mengumumkan telah menemukan planet baru, kondisi permukaannya mirip "neraka."

Disadur dari Phys, planet itu berjarak 50 tahun cahaya, dinamai 55 Cancri e dan mengorbit begitu dekat dengan "bintangnya yang mirip Matahari." Sehingga, kondisi permukaannya secara harfiah mirip neraka, sebuah dimensi dalam keadaan terbakar yang konstan.

Data menunjukkan, 55 Cancri e berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya atau 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

"Dengan suhu permukaan jauh di atas titik leleh, sisi siang hari planet ini diperkirakan tertutup lautan lava," lapor NASA. NASA berpendapat, tidak ada palanet yang seperti 55 Cancri e di Tata Surya dengan keadaan seekstrem itu.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut