get app
inews
Aa Read Next : Kutukan Sultan Pajang dan Ratu Kalinyamat Bagi Bupati Kendal Hanya Satu Periode, Mitos atau Fakta?

Cerita Mistis Siluman Peminta Tumbal Perjaka dan Perawan di Sungai Bengawan Solo

Minggu, 28 Agustus 2022 | 12:14 WIB
header img
Petugas SAR sedang menyisir korban tenggelam di Sungai Bengawan Solo. Sungai ini dipercaya memiliki cerita mistis. Salah satu yang terkenal adalah siluman air Onggo-Inggi. Foto : istimewa

SOLO,iNewsSemarang.id-  Banyak cerita mistis yang berkembang  di masyarakat terkait keberadaan Sungai Bengawan Solo. Cerita-cerita klenik itu sudah ada sejak dulu sampai sekarang,  dari penuturan mulut ke mulut warga sekitar bantaran sungai.

Meski dianggap fiktif, masih ada yang percaya cerita yang menyeramkan tersebut. Salah satu cerita yang sangat populer dan melegenda adalah  keberadaan sosok Onggo-Inggi, yang diyakini sebagian orang sebagai siluman air penunggu Bengawan Solo.

Menurut cerita yang berkembang, makhluk misterius tersebut konon sering minta tumbal manusia. Siluman air penunggu Sungai Bengawan Solo ini dipercaya suka minta tumbal wanita perawan maupun pria perjaka.

Makhluk mitologi atau mitos ini digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan. Cerita Onggo-Inggi terus melegenda. Seperti halnya Sungai Bengawan Solo.

Tentu saja masyarakat Solo tidak asing dengan mitos Onggo-Inggi. Misteri mengenai makhluk misterius ini telah menjadi perbincangan dari zaman ke zaman dan melekat di benak warga bantaran Bengawan Solo.

Onggo-Inggi diyakini sebagai makhluk mistis penunggu Sungai Bengawan Solo. Visual makhluk tersebut digambarkan memiliki kepala tanpa badan dengan rambut yang panjang menjuntai. Kulitnya pucat dengan lepuhan dan gigi taring yang menyerupai biji timun.

Makhluk ini akan menggunakan rambutnya yang panjang untuk melilit mangsa yang sedang berada di Sungai Bengawan Solo dan mengambil jiwa mereka.

Dikutip dari iNewsKaranganyar.id, cerita mengenai Onggo-Inggi diyakini para leluhur sebagai dayang yang tinggal di pusaran sungai Bengawan Solo.

Namun, tak sedikit juga yang mempercayai jika makhluk tersebut merupakan jin penjaga Keraton Solo yang mendapat tugas untuk menjaga kedaulatan keraton. Sama seperti jin lainnya, Onggo-Inggi juga takut akan panjatan doa-doa dan kain kafan.

Meski demikian, banyak juga yang mempercayai jika kisah mistis Onggo-Inggi hanyalah karangan belaka yang ditujukan untuk anak-anak sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo.

Kisah tersebut dibuat para orang tua dengan tujuan agar anak-anak mereka tidak bermain di sungai karena berbahaya. Demikian misteri Onggo-Inggi, siluman air penunggu Bengawan Solo yang suka minta tumbal.

Sebagai informasi, Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa yakni mencapai 540 kilometer.

Sungai Bengawan Solo melintasi dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bermuara di Laut Jawa kawasan Gresik dan hulunya di pedalaman Wonogiri.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut