get app
inews
Aa Read Next : Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023: Egy Starter, Asnawi Cadangan

Terkuak! Ini 3 Alasan Mengapa Jepang Malu Mengakui Pernah Menjajah Indonesia

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:32 WIB
header img
3 alasan Jepang malu mengakui pernah menjajah Indonesia di masa lalu. Foto: Pixabay

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Jepang merupakan salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942 sampai 1945. Namun terkuak alasan jika Jepang Malu mengakui pernah menjajah Indonesia sehingga sejarah tersebut justru tidak pernah diajarkan dalam kurikulum pendidikan di Jepang, sehingga generasi muda Jepang tidak pernah mengetahuinya.

Padahal dalam waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan Belanda, Jepang berhasil menguasai banyak sektor di Indonesia hingga melakukan praktik kerja paksa (Romusha). 

Lantas, mengapa Jepang tidak mau mengakui jika di masa lalu negaranya pernah menjajah Indonesia ? Simak alasannya berikut ini.

Alasan Jepang malu mengakui pernah menjajah Indonesia

1. Jepang tidak mengenal Indonesia

Pada masa penjajahan, negara ini dulunya bernama Hindia Belanda. Nama Indonesia akhirnya resmi digunakan sebagai nama negara setelah merdeka.

Dengan pergantian nama tersebut, banyak dari veteran Jepang yang tidak mengetahui bahwa Indonesia adalah bekas jajahan negaranya di masa lampau. Tak jarang dari para veteran tersebut yang terkejut bahwa nama Indonesia dahulunya adalah Hindia Belanda.

2. Jepang menganggapnya sebagai aib

Saat menjajah Indonesia, Jepang mengalami kekalahan terhadap negara sekutu dan Amerika Serikat. Dua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki bahkan berhasil diluluh lantakkan oleh bom atom milik Amerika Serikat pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 atau menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dari peristiwa tersebut, setidaknya 214.000 orang dinyatakan meninggal dunia dengan kondisi kota yang porak poranda. Oleh karena itu, Jepang ingin menutup rapat sejarah kelam tersebut.

3. Jepang enggan berperang lagi

Sebelum Hiroshima dan Nagasaki luluh lantak, Jepang telah terlebih dahulu menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour pada 7 Desember 1941. Namun setelah kalah dari negara sekutu, Jepang menyadari betul bahwa penjajahan merupakan sebuah kesalahan. 

Negara ini bahkan enggan untuk berperang lagi. Maka dari itu, Jepang meminta maaf kepada negara-negara yang pernah dijajah, termasuk Indonesia atas perlakuan keji yang pernah dibuat.

Diatas adalah 3 alasan Jepang malu mengakui pernah menjajah Indonesia. Lebih dari itu, Jepang kini lebih memilih untuk menjadi negara yang menjunjung tinggi perdamaian dengan negara-negara lain di dunia.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut