get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Malam Ini, Disiarkan Langsung RCTI

Soroti Kelemahan Timnas Indonesia U-19, Pengamat: Sulit Jika Lawan Bahrain atau Jepang

Selasa, 20 September 2022 | 11:37 WIB
header img
Para pemain Timnas Indonesa U-19 saat pertandingan melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto : PSSI

 

JAKARTA,iNewsSemarang.id - Pengamat sepak bola Muhammad Kusnaeni menyoroti kelemahan yang harus dibenahi pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.  Kelemahan itu harus diperbaiki jika Indonesia ingin tampil maksimal di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 sudah lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda Muda menapaki kakinya di ajang tersebut setelah keluar sebagai juara Grup F dengan koleksi poin 9.

Garuda Muda dinilai masih perlu dipoles, meski  clean sheet di tiga pertandingan dengan di Grup F. Terlebih lagi, Cahya Supriadi dkk akan mentas di level Asia, yang mana kualitas pemainnya juga akan sangat berbeda.

Kusnaeni atau biasa dipanggil Bung Kus menyoroti dua sektor yang harus dibenahi Shin Tae-yong untuk skuad Garuda Muda. Yang pertama adalah lini pertahanan dan kedua, gelandang, khususnya gelandang tengah pelapis.

Barisan pertahanan Timnas Indonesia U-19 dirasa masih belum solid dan sektor gelandang masih kurang support para pemain bertahannya.

“Dua hal, yang pertama pertahanan. Jelas sekali jika tim kita akan bermain di level Piala Dunia atau bahkan Piala Asia sekalipun, itu masih PR. Butuh bek yang benar-benar solid yang bisa membuat pertahanan itu tidak mudah ditembus,” kata Bung Kus ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (20/9/2022).

“Kalau misalkan menghadapi serangan balik seringkali bek kurang support dari gelandang. Jadi kalau buat saya, tidak hanya pertahanan yang harus dibenahi tapi gelandang pun perlu, terutama gelandang tengah,” ujarnya lagi.

Bung Kus mengungkapkan kalau gelandang tengah yang dimiliki Timnas Indonesia U-19 saat ini yaitu Zanadin Fariz  dan Arkhan Fikri harus ditempa lagi secara fisik. Sebab, mereka akan menghadapi tantangan yang berbeda.

“Dua gelandang tengah kita ini harus yang secara fisik kuat, naik turun lapangannya harus kuat, lalu penguasaan bolanya bagus. Zanadin dan Arkhan penguasaan bolanya kuat tapi secara fisik masih kurang,” ucapnya.

“Mereka akan menghadapi tantangan yang berbeda dibanding Vietnam. Seperti lawan tim yang cepat dan punya postur bagus kayak Jepang, Bahrain, Kuwait,” ujar Bung Kus lagi.

“Jadi butuh evaluasi juga gelandang tengah kita yang secara postur kuat, skill bagus tapi postur dan kecepatan juga lebih baik. Masalah skill sih sudah luar biasa Zanadin sama Arkhan keliatan banget kalo mereka punya skill. Tapi tidak bisa dibohongi nanti kalau lawannya Jepang atau Korea,” pungkasnya.

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut