get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2024: Indonesia Ungguli Israel

Peringatkan AS, Korut Tangkis Rumor Pasok Senjata dan Amunisi ke Rusia

Kamis, 22 September 2022 | 09:55 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan saat pertemuan mereka di Vladivostok, Rusia, pada 25 April 2019. Foto: Reuters

PYONGYANG, iNewsSemarang.id - Wakil Direktur Jenderal dari Biro Umum Peralatan Kementeian Pertahanan Nasional Korea Utara (Korut) menegaskan bahwa Korea Utara tidak pernah memasok senjata atau amunisi ke Rusia. Pernyataan tersebut dirilis oleh media pemerintah KCNA tanpa menyebutkan namanya.

"Kami belum pernah mengekspor senjata atau amunisi ke Rusia sebelumnya dan kami tidak akan berencana mengekspornya," tulis KCNA, Kamis (22/9/2022).

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi rumor tentang kesepakatan senjata antara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), nama resmi Korut, dan Rusia. Pada pembicaraan 'pelanggaran resolusi' oleh AS dan sekutu lainnya tentang Dewan Keamanan PBB. 

Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Vedant Patel mengatakan, Rusia sedang dalam proses pembelian jutaan roket dan peluru artileri dari Korut. Senjata itu digunakan untuk invasi ke Ukraina.

Pernyataan tersebut kemudian diklarifikasi oleh Juru Bicara Keamanan Nasional AS John Kirby. Ia mengatakan hal tersebut sebagai pembelian potensial serta belum ada indikasi keaepakatan pembelian telah usai.

"Dan tentu saja tidak ada indikasi bahwa senjata-senjata itu digunakan di Ukraina," katanya. 

Masih dalam pernyataan yang sama, Korut juga memperingatkan AS. 

"Diam dan berhenti menyebarkan desas-desus semacam itu, yang tampaknya ditujukan untuk menodai citra (negara)," tulis mereka.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut