get app
inews
Aa Read Next : Turbo, Makanan Khas Halal Bihalal di Temanggung

Weh-wehan, Tradisi Berbagi Makanan Masyarakat Kaliwungu Sambut Maulid Nabi Muhammad

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 23:57 WIB
header img
Tradisi Weh-wehan sudah turun temurun digelar masyarakat Kaliwungu, Kendal, menyambut Maulid Nabi Muhammad. Ist

KENDAL, iNewsSemarang.id – Ada tradisi unik di masyarakat Kaliwungu, Kendal, dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Namanya Weh-wehan atau Ketuinan. Dalam tradisi yang sudah turun temurun ini, para warga saling berbagi makanan kepada tetangga.

Seperti yang diselenggarakan di Kampung Kenduruan, Desa Krajan Kulon, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bagi warga Kaliwungu, tradisi ini seperti layaknya hari raya. Sebab anak-anak mengenakan baju baru berkeliling kampung membawa makanan untuk dibagikan kepada tetangga. Bagi anak-anak dan remaja, tradisi Weh-Wehan paling dinanti karena banyak makanan yang didapat.

“Tradisi ini saling memberi makanan kepada orang lain, dan hanya ada di Kaliwungu untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad,” kata salah satu warga Kenduruan, Rayhan, Jumat (7/10/2022).

Sedangkan bagi warga, tradisi Ketuin yang dilaksanakan tahunan perlu dilestarikan, khususnya anak muda.

“Dalam tradisi ini, makanan yang disajikan dan dibagikan kepada tetangga beraneka macam. Mulai makanan tradisional, hingga makanan kemasan yang mudah diperoleh,” kata warga lainnya, Lutfiana.

Makanan khas Kaliwungu yang disajikan dalam tradisi ini adalah sumpil dan ketan beraneka warna. Sumpil merupakan makanan berbahan beras dan dibungkus dengan daun bambu. Hidangan ini disajikan dengan bumbu kelapa parut yang sudah diberi bumbu pedas.

Tradisi Ketuin dipopulerkan Mbah Akhmad Rukyat, sesepuh dan ulama Kaliwungu yang mengajarkan tentang kebersamaan dan saling berbagi.

“Filosofinya adalah tenggang rasa dan saling berbagi, serta mengajarkan kebersamaan. Tradisi ini terus terjaga dan menjadi kearifan lokal di Kaliwungu Kendal,” kata warga lainnya, Abdul Fatah.

Weh-wehan dalam bahasa Jawa berarti saling memberi. Di sini diajarkan untuk saling memberi kepada sesama tanpa memandang status sosial.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut