get app
inews
Aa Read Next : Genbi UIN Walisongo 2022 Gelar Seminar Proposal untuk Penuhi KKN Mandiri Pengakuan

Inovatif! Optimalkan Potensi Desa, KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Pembuatan Nugget Lele

Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:37 WIB
header img
Mahasiswa KKN UIN Walisongo bersama ibu-ibu sedang praktik membuat nugget lele. Foto: Kelompok 44 KKN Reguler ke-79 UIN Walisongo

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam Kelompok 44 KKN Reguler ke-79 menggelar pelatihan pembuatan nugget lele bersama Ibu-ibu Perkumpulan Sinoman Putri di Aula Posko KKN Kelompok 44, Desa Sruwen, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang belum lama ini.

Ketua pelaksana acara, Maharani Dwina mengungkapkan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program kerja divisi kewirausahaan yang bertujuan untuk memotivasi warga desa terutama Ibu-ibu dalam menciptakan usaha dengan mengoptimalkan potensi yang unggul di desa.

"Kolam ikan lele di Desa Sruwen ini sangat luas ya, Bu. Hasilnya sangat bisa dimanfaatkan untuk membuat inovasi produk dan menciptakan UMKM baru di desa sruwen ini," kata Maharani Dwina.

Salah satu mahasiswa Kelompok 44 KKN UIN Walisongo, Zaimmah menyebutkan pada kegiatan tersebut pihaknya memberi edukasi tentang produksi, kandungan gizi dan pemasaran produk, serta memberi kesempatan peserta pelatihan untuk praktik langsung membuat nugget.

"Agar produk yang kita jual memiliki nilai jual tinggi, maka kita harus membuat kemasan yang menarik," ujar Zaimmah kepada peserta pelatihan.

Peserta pelatihan yang hadir merasa termotivasi dengan pelatihan yang ada. Hal ini ditujukan dengan jawaban mereka atas pertanyaan yang sepakat untuk mencoba membuat lagi nugget lele.

"Ya, Mbak. Mau coba lagi biar bumbunya semakin pas," kata Ummu, salah seorang peserta kepada pembawa acara.

"Semoga besok bisa membuat pabrik nugget lele," harapnya.

 

*Serial berita KKN UIN Walisongo ini merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Walisongo Semarang

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut