get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Malam Ini, Disiarkan Langsung RCTI

Shin Tae-yong Ancam Berhenti Jika Iwan Bule Mundur, Netizen Terbelah

Kamis, 13 Oktober 2022 | 13:50 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia. Foto : MNC Media

JAKARTA, iNewswaykanan.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan akan melepaskan jabatannya jika Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengundurkan diri. Seperti diketahui, petisi yang mendesak Iwan Bule mundur di dunia maya sudah tembus 41 ribu.

Melalui laman Instagramnya, pelatih asal Korea Selatan itu menulis jika tidak semuanya kesalahan Ketua Umum PSSI yang menanggung, dalam Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan 132 orang.  

“Sangat disayangkan nyatanya semua tanggung jawab dialihkan kepada Ketua Umum. Beliau telah mengembangkan sepak bola secara keseluruhan. Pasti juga bisa mengatasi keadaan ini dengan baik,” kata Shin Tae-yong melalui penerjemahnya, Jeong Seok Seo di akun@jeongseokseo.

“jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tulis Shin Tae-yong dikutip dari Instagram pribadinya (@shintaeyong7777), Rabu (12/10/2022).

Shin Tae-yong menjelaskan sepak bola tidak bisa sukses dengan 11 pemain saja, tetapi federasi juga berperan penting dalam keberhasilan.

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah 1 tim, Sepak bola tidak bisa sukses jika hanya performa 11 pemain inti saja yang bagus, bukan juga hanya staf pelatih saja yang bagus, kita bisa mencapai kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim mulai dari pemain inti, pemain cadangan, staf pelatih, official, semua karyawan federasi termasuk Ketua Umum. Itulah filosofi sepak bola saya," ucapnya.

“Sepak bola adalah salah satu olahraga yang tidak akan bisa menang dengan hanya 1 orang saja yang bagus kinerja kerjanya," jelasnya.

Seperti diketahui, sepak bola Indonesia masih berduka usai tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10/2022). Kala itu, Arema FC berhadapan dengan Persebaya Surabaya, yang berakhir dengan skor 2-3.

Pemerintah mengkonfirmasi kejadian ini menyebabkan 132 orang meninggal dunia, 583 orang luka-luka, dan 33 lainnya masih menjalani perawatan.

Pernyataan Shin Tae-yong tersebut membuat netizen terbelah. Ada yang mendukung Shin Tae-yong tetap bertahan dan Iwan Bule tetap Ketua Umum PSSI. Tapi juga tak sedikit yang tidak mempersoalkan jika Shin harus meninggalkan kursi pelatih timnas.

“GARUDA TETAP LAH GARUDA, IA AKAN SELALU TETAP TERBANG MEGAH TAMPAMU #STYOUT,” tulis  @ilhamsyaifullah.

Akun @mr.gileeee juga menulis.”JIKA SUDAH TIDAK CINTA SILAHKAN PERGI. TERIMA KASIH,”.

Akun faiz_syailendra menulis. “Betul sekali coach, yang salah suporter dan polisi yang disuruh mundur kok ketum. Jika pak iwan mundur PSSI akan seperti dulu lagi. Di masa pak iwan ada harapan baru di timnas,”tulisnya.

“Masyarakat harus berpikir jernih, jangan asal ikut-ikutan nyuruh pak iwan out, lalu mau ketum yang seperti dulu lagi. Saya akan selalu mendukung pak iwan untuk kebaikan timnas,”.   

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut