get app
inews
Aa Read Next : TNI AL Kerahkan Personel Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Jepara

Satu Penumpang Perahu Terbalik di Batang Ditemukan Tim SAR Sudah Tewas

Senin, 17 Oktober 2022 | 19:00 WIB
header img
Tim SAR mengevakuasi jenazah Romadhon, pemancing tang tewas tenggelam setelah perahunya terbalik di perairan Batang. Foto : ist

BATANG, iNewsSemarang.id - Tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang pemancing yang perahunya terbalik pada Minggu (15/10/2022) sekitar pukul 17.00 WIB sudah tak bernyawa di perairan Batang. Korban ditemukan sekitar 200 meter dari titik lokasi tenggelam.

Romadhon,40, warga Desa Botolambat, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, ditemukan tim SAR gabungan pada Senin (17/10/2022) sekitar Pukul 09.20 WIB. Sementara, lima rekannya dalam satu perahu berhasil diselamatkan oleh perahu yang melintas.  

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, peristiwa bermula ketika korban bersama temannya memancing ikan di Pantai Karangmeso, Desa Depok, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang pada Minggu (16/10/2022).

Mereka berangkat ke pantai tersebut dari Pantai Sigandu dengan menaiki kapal sopek yang dikemudikan Sudarno dengan jumlah enam person on boat (POB), yakni terdiri atas lima penumpang dewasa dan satu penumpang anak kecil.

“Sekitar pukul 17.00 WIB, kapal sopek tiba-tiba miring ke kanan karena tidak seimbang sehingga terbalik dan tenggelam,” kata Heru Suhartanto.

Lima orang penumpang berhasil diselamatkan kapal yang sedang melintas. Namun satu orang belum ditemukan.

“Diduga Romadhon masih terjepit di sela kapal, akhirnya hilang tenggelam," ujarnya.

Berbekal informasi insiden perahu terbalik, Kepala Kantor SAR Semarang memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan pencarian dan pertolongan disertai alat SAR air. Upaya pencarian tim SAR gabungan dibagi menjadi dua search rescue unit (SRU).

SRU 1 melaksanakan dengan penyisiran dengan empat perahu di karet sekitar tempat kejadian. Sedangkan SRU 2 melakukan penyisiran susur darat sepanjang Pantai Karangmeso.

“Pukul 09.20 WIB tim SAR gabungan berhasil menemukan ke arah barat dari titik lokasi kurang lebih 200 meter dalam keadaan meninggal dunia. Korban selanjutnya dibawa ke RSUD Kabupaten Batang. Dengan berhasilnya evakuasi, maka operasi SAR dinyatkan selesai," kata Suhartanto.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut