get app
inews
Aa Read Next : 5 Stasiun Kereta Paling Angker di Indonesia: No 3 Ada di Semarang, Sering Muncul Penampakan

Apa Itu Wawasan Nusantara? Berikut Pengertian dan Asas-asasnya

Rabu, 19 Oktober 2022 | 09:36 WIB
header img
Asas Wawasan Nusantara. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Wawasan Nusantara merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan kepada siswa. Wawasan nusantara sendiri merupakan konsep nasional yang berkaitan dengan kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia.

Wawasan Nusantara digunakan sebagai pedoman, motivasi, dorongan, dan rambu-rambu dalam menentukan kebijaksanaan, keputusan, tindakan dalam penyelenggaraan negara dan seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Berikut pengertian dan asas-asas lengkap dari Wawasan Nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara

Mengutip lmsspada.kemdikbud.go.id, Lemhanas (1994) mengartikan wawasan nusantara sebagai cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis, dengan mengutamakan
persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi mencapai tujuan nasional.

Sedangkan berdasarkan Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), wawasan nusantara merupakan wawasan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sementara itu, asas wawasan nusantara adalah ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dan dibangun oleh semua rakyat Indonesia.

Berikut daftar asas-asas wawasan nusantara yang perlu kita ketahui.

Asas Wawasan Nusantara
1. Asas Solidaritas
Solidaritas merupakan sikap saling percaya dan memberi, serta mau berkorban demi orang lain tanpa meninggalkan ciri atau karakter masing-masing.
Sikap ini diperlukan agar masyarakat tidak tercerai berai dan membeda-bedakan orang lain.

2. Asas Kejujuran
Asas kejujuran yakni berani berpikir, berkata, serta bertindak sesuai realita atau kenyataan.
Tak hanya harus sesuai realita, namun tindakan yang kita lakukan juga harus berdasar pada ketentuan yang berlaku.

3. Asas Keadilan
Merujuk pada kesesuaian pembagian hasil kekayaan Indonesia secara adil, baik untuk perorangan, golongan, kelompok, maupun daerah.
Hal ini agar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan dan mendapatkan hal yang sama serta tidak ada kelompok yang lebih diuntungkan.

4. Asas Kesetiaan
Asas kesetiaan berhubungan dengan kesetiaan kepada kesepakatan bersama tentang bangsa Indonesia. Kesepakatan ini penting sebagai tonggak terciptanya persatuan dan kesatuan kebhinekaan nusantara.

5. Asas Kerjasama
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kerja sama adalah sesuatu yang ditangani oleh beberapa pihak. Dapat disimpulkan bahwa kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

6. Asas Kepentingan yang Sama
Asas wawasan nusantara yang terakhir adalah asa kepentingan yang sama. Jika pada masa penjajahan kepentingan bersama bangsa Indonesia adalah memperoleh kemerdekaan, maka tujuan kepentingan bersama saat ini adalah tercapainya kesejahteraan dan rasa aman yang lebih baik.

Nah, itulah daftar asas wawasan nusantara yang perlu kita ketahui

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut