get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Janji Belajar Bahasa Indonesia demi Memperlancar Komunikasi dengan Pemain

Kumpulan Contoh Pidato Bahasa Inggris dalam Berbagai Tema beserta Terjemahannya

Rabu, 19 Oktober 2022 | 17:03 WIB
header img
Contoh teks pidato Bahasa Inggris lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Ist

Contoh pidato Bahasa Inggris yang akan diulas dalam artikel ini disajikan dalam struktur lengkap yakni terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Selain itu, contoh pidato yang disampaikan dalam berbagai tema agar bisa memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada para siswa.

Perlu dicatat, struktur pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun karena bukan bahasa pertama, kamu perlu melakukan latihan pelafalan terlebih dahulu agar tidak ada salah ucap saat pidato dibawakan.

Dalam setiap contoh dilengkapi terjemahan di masing-masing pidato agar pembaca lebih memahami maksud dari isi pidato.

5 contoh pidato Bahasa Inggris beserta terjemahannya

1. Contoh pidato Bahasa Inggris tentang daur ulang sampah

Good morning my teacher and friends. I thank God for His blessing, and the teacher for choosing me to deliver this message to you all. Today I want to tell you about things that are so close in our life but often forgotten.

We all know that plastic waste takes a long time to decompose. It can take up to 1000 years to decompose plastic in the landfills. Long isn’t it? Most of the plastic waste also ended up in the ocean that caused an interference to the ocean’s ecosystem.

It is sad to know how small the number of people nowadays who have started to consider recycling plastic waste into something useful instead of throwing them into the bin. And yet, that is still not everyone who has done this so far. We need to be more aware of the environment and be eco-friendly, or the future generation will suffer.

The society has dealt with flood and water waste pollution. Without realizing it or not, most of the reason is because we do not throw trash into the bin and just throw it carelessly. Therefore, it’s time for us to take action and be more considerate.

Throwing away trash into its rightful place, which is the bin, may seem petty, but big things start with little steps.

Thank you

Terjemahannya

Selamat pagi guru dan teman-temanku. Saya bersyukur kepada Tuhan atas berkat-Nya, dan saya dipilih menyampaikan pesan ini kepada Anda semua. Hari ini saya ingin bercerita tentang hal yang begitu dekat dalam hidup kita tetapi sering terlupakan.

Kita semua tahu bahwa sampah plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai. Diperlukan waktu hingga 1000 tahun untuk menguraikan plastik di tempat pembuangan sampah. Panjang bukan? Sebagian besar sampah plastik juga berakhir di laut sehingga mengganggu ekosistem laut.

Sungguh menyedihkan mengetahui betapa sedikitnya jumlah orang saat ini yang sudah mulai mempertimbangkan untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat daripada membuangnya ke tempat sampah. Namun, itu masih belum semua orang yang telah melakukan ini sejauh ini. Kita harus lebih sadar lingkungan dan ramah lingkungan, atau generasi mendatang akan menderita.

Masyarakat telah menangani banjir dan pencemaran air limbah. Tanpa disadari atau tidak, kebanyakan alasannya adalah karena kita tidak membuang sampah ke tempat sampah dan membuangnya sembarangan. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita untuk mengambil tindakan dan lebih berhati-hati.

Membuang sampah ke tempat yang seharusnya, yaitu tempat sampah, mungkin terlihat sepele, tetapi hal besar dimulai dengan langkah kecil.

Terima kasih.

2. Contoh pidato Bahasa Inggris tentang pahlawan

Assalamualaikum wr. Wb

Good morning Ladies and Gentlemen. Honorable all of the committees. Honorable to all of the judges and the audiences here

First of all I would like to say thanks to Allah for giving me blessings and health.

Ladies and Gentlemen,

Every November 10th we always commemorate our The Day of Hero. We know that Independence is not free. There are so many struggles and sacrifices to get it. They, who died fighting for our independence, are called heroes. A hero didn’t ask anything. They dedicated all their lives for our freedom, Indonesian freedom.

As students, we have to respect and appreciate our heroes. We can continue their struggle by studying hard. We must pray to them everyday. Even before we started our lesson. Don’t forget to hold their pictures on the wall. I don’t want to hear that a student can’t answer the questions about heroes. I don’t want to hear that students don’t know their heroes.

Thank you for the attention .

Wassalamualaikum wr wb.

Terjemahannya

Assalamu'alaikum wr. wb

Selamat pagi Bapak dan Ibu

Yang terhormat semua panitia. Yang terhormat untuk semua juri dan penonton di sini

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah karena telah memberikan saya berkat dan kesehatan.

Bapak dan Ibu sekalian,

Setiap tanggal 10 November kami selalu memperingati Hari Pahlawan. Kita tahu bahwa Kemerdekaan tidak gratis. Banyak perjuangan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Mereka yang mati-matian memperjuangkan kemerdekaan kita disebut pahlawan. Seorang pahlawan tidak bertanya apa-apa. Mereka mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk kemerdekaan kita, kemerdekaan Indonesia.

Sebagai mahasiswa, kita harus menghormati dan menghargai para pahlawan kita. Perjuangan mereka bisa kita lanjutkan dengan rajin belajar. Kita harus berdoa kepada mereka setiap hari. Bahkan sebelum memulai pelajaran kita. Jangan lupa untuk memajang foto mereka di dinding. Saya tidak ingin mendengar bahwa seorang siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tentang pahlawan. Saya tidak ingin mendengar bahwa siswa tidak mengenal pahlawan mereka.
Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr wb.

 

3. Contoh pidato Bahasa Inggris tentang pendidikan

Good morning, Ladies and gentlemen.

First, let us pray and give thanks to Allah. SWT, because of His pleasure and blessings, we can all meet in this place. It is such a great honor to stand here in front of all you to give a speech “the importance of seeking knowledge.

Furthermore, I would like to say thank you for the opportunity that was given to me.
Education has an important role to develop our personality. It decides and shapes what we think or see in life. It also helps us to solve our problems or obstacles in a good way. As Francis Bacon said, knowledge is a power.

Especially in Islam, we are required to seek knowledge and practice it. The obligation to seek knowledge has existed since the time of the Prophet and Allah has promised, for his servants who seek knowledge in His way, Allah will increase their level.

The most important thing you need to know, being well educated does not only mean you have to obtain a certificate or a good salary. But it helps us to determine whether something is good or bad for other people related to us.

You should know seeking knowledge can be seen as a passport to get a better future. Finding knowledge is considered a lifelong learning process. So, there is no excuse to stop seeking knowledge.

Ladies and gentlemen, to end this speech today. I would like to give the quotation by Benjamin Franklin “an investment in knowledge pays the best interest”.

Hopefully what I say can be useful and beneficial for all of us. Thank you so much.

Terjemahannya

Selamat pagi, Bapak dan Ibu sekalian,

Pertama, mari kita berdoa dan bersyukur kepada Allah. SWT, karena atas izin dan ridho-Nya, kita semua dapat bertemu di tempat ini. Merupakan suatu kehormatan besar untuk berdiri di sini di depan Anda semua untuk memberikan pidato “pentingnya mencari ilmu.

Selanjutnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya.

Pendidikan memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian kita. Itu memutuskan dan membentuk apa yang kita pikirkan atau lihat dalam hidup. Ini juga membantu kita untuk memecahkan masalah atau hambatan kita dengan cara yang baik.

Apalagi dalam Islam, kita dituntut untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Karena dengan bekal ilmu, kita bisa menjalankan hidup dengan sangat mudah. Kewajiban menuntut ilmu sudah ada sejak zaman Nabi dan Allah telah berjanji, bagi hambanya yang menuntut ilmu di jalan-Nya, Allah akan meninggikan derajatnya.

Hal terpenting yang perlu Anda ketahui, menjadi orang yang berpendidikan tidak hanya tentang harus mendapatkan sertifikat atau gaji yang baik. Tapi itu harus membantu kita untuk menentukan apakah sesuatu itu baik atau buruk bagi orang lain yang berhubungan dengan kita.

Anda harus tahu bahwa mencari ilmu dapat dilihat sebagai paspor untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.Mencari pengetahuan dianggap sebagai proses belajar sepanjang hayat. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti mencari ilmu.

Hadirin sekalian, untuk mengakhiri pidato hari ini. Saya ingin memberikan kutipan yang dikatakan oleh Benjamin Franklin “investasi dalam pengetahuan membayar bunga terbaik”.

Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih banyak.

4. Contoh pidato Bahasa Inggris tentang bahaya narkoba

Good morning, ladies and gentlemen, let us offer thanks for the presence of Allah SWT because of His mercy we can gather in this place in good health. On this special occasion, allow me to say a word or two about the importance of protecting myself from the dangers of drugs.

With the rapid advancement of technology, it is not unusual for information development to make it easier for us to get something. Now we don’t have to bother to get things even though it is constrained by location differences. Therefore, it is only natural that we are careful about drugs.

At present, forms of drug trafficking are increasingly alarming. The main target of drug trafficking is no longer adults but children. Therefore, it is only natural that we also supervise and provide education about the importance of protecting ourselves from the dangers of drugs.

The easiest way to socialize the dangers of drugs is to provide education at the family level. The role of parents and close people is very important. Knowledge of various types of drugs and their effects must be conveyed to prevent the spread of drugs more widely. There are so many speeches about drugs that I can convey. If there are mistakes in words and sentences when conveying, please forgive me.

Terjemahannya

Selamat pagi hadirin sekalian, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmatNya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan yang istimewa ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga diri dari bahaya narkoba.

Dengan adanya kemajuan pesat teknologi, bukan hal yang aneh lagi jika perkembangan informasi membuat kita semakin mudah mendapatkan sesuatu. Kini, kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk mendapatkan hal meskipun terkendala perbedaan lokasi. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita berhati-hati pula dengan narkoba.

Saat ini, bentuk perdagangan narkoba sudah semakin mengkhawatirkan. Target utama perdagangan narkoba bukan lagi orang dewasa melainkan anak-anak. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita turut mengawasi sekaligus memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga diri dari bahaya narkoba.

Cara termudah untuk mensosialisasikan bahaya narkoba adalah dengan memberikan edukasi di tingkat keluarga. Peran orang tua dan orang-orang dekat sangatlah penting. Pengetahuan tentang berbagai macam jenis-jenis narkoba beserta dampaknya pun harus disampaikan untuk mencegah penyebaran narkoba lebih luas lagi. Sekian pidato tentang narkoba yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan kata dan kalimat ketika menyampaikan, saya ucapkan mohon maaf.

 

5. Contoh pidato Bahasa Inggris tentang lingkungan

Good morning, audience

Let me give a speech about the environment so that we can reap many lessons. As we know, the environmental conditions that we live in today are very different from the environment several decades ago.

In the past, we could easily find trees, but now the land containing plants has been replaced with housing. Environmental problems are not only limited to plants. If we are sensitive, many fauna or animals lose their habitat.

Humans seize their place of residence, so that animals have difficulty getting a place to live again. Not infrequently, animals that cannot get a house will attack humans in order to get food.
Therefore, we should start from ourselves to foster a sense of love for the environment. Use methods that are easy and simple, for example by throwing garbage in its place, not using plastic when shopping, and saving on water use.
 So my speech about the environment from me, Let’s take care of the environment together.

Terjemahannya

Selamat pagi hadirin yang berbahagia

Izinkanlah saya menyampaikan pidato tentang lingkungan agar kita bisa memetik banyak pelajaran.

Seperti yang kita ketahui, kondisi lingkungan yang kita tempati saat ini sangatlah jauh berbeda dengan lingkungan beberapa puluh tahun lalu.

Jika dulu dapat dengan mudah kita temukan pepohonan, saat ini lahan berisi tumbuh-tumbuhan sudah diganti dengan perumahan.

Permasalahan lingkungan tidak hanya terbatas pada tumbuhan saja. Jika kita peka, banyak fauna atau binatang-binatang yang kehilangan habitatnya.

Manusia merebut tempat tinggal mereka, sehingga hewan-hewan kesulitan mendapatkan tempat tinggal kembali.

Tidak jarang, hewan yang tidak bisa mendapatkan rumah akan menyerang manusia demi bisa mendapatkan makanan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai dari diri sendiri untuk memupuk rasa cinta pada lingkungan.

Gunakan cara-cara yang mudah dan sederhana, misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak menggunakan plastik saat berbelanja, serta menghemat penggunaan air.

Sekian pidato tentang lingkungan dari saya, Mari kita sama-sama menjaga lingkungan.

Demikian 5 contoh pidato Bahasa Inggris dan terjemahannya. Semoga menginspirasi.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut