get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Covid-19, Dinkes Demak Imbau Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Kasus Gagal Ginjal Akut, Dinkes Jateng Himbau Orang Tua Waspada Anak Demam dan Urine Menurun

Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:48 WIB
header img
Respon kasus gagal ginjal akut, Dinkes Jateng Himbau orang tua waspada anak demam dan urine menurun. Foto: Ilustrasi

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Merespon kasus gagal ginjal akut misterius yang dialami oleh anak-anak, Dinas Kesehatan Jawa Tengah (Jateng) menghimbau kepada para orang tua agar waspada ketika anak demam, urinenya menurun dan diare

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah (Jateng) Yunita Dyah Suminar meminta masyarakat utamanya para orang tua untuk memperhatikan kondisi kesehatan sang anak utamanya di bawah umur 6 tahun. Meskipun, Yunita mengatakan sejauh ini belum ditemukan kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak di Jawa Tengah. 

"Sampai sekarang kan ada 205 kasus di 14 provinsi. Jateng belum, semoga tidak ada," katanya, Kamis (20/10/2022).

Dia mengatakan, orang tua harus berhati-hati ketika memberikan obat sirup pada anak-anak. Menurutnya, pemberian obat sirup harus dibarengi dengan surat dokter atau sesuai dengan instruksi dokter. Itu pun jika sudah sangat terpaksa untuk diberikan.

"Harus konsultasi dengan dokter. Kalau pun sampai diberikan sirup harus dengan surat dokter atau konsultasi dengan dokter. Jadi sangat terbatas, ini kan masih dalam penelitian ini," ujarnya. 

Dia juga mengimbau orang tua untuk tidak memberikan obat sirup bagi anaknya. Pihaknya juga akan menerbitkan surat edaran tentang pemberian obat sirup bagi anak.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut