get app
inews
Aa Read Next : Resmi, Arema FC Pecat Pelatih Fernando Valente

Tinggalkan Villarreal, Unai Emery Resmi Latih Aston Villa Awal Musim 2022/2023

Selasa, 25 Oktober 2022 | 07:49 WIB
header img
Unai Emery resmi jadi pelatih baru Aston Villa . Foto: Istimewa

BIRMINGHAM, iNewsSemarang.id - Aston Villa secara resmi mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai pelatih barunya menggantikan Steven Gerrard. Pelatih asal Spanyol itu telah dipastikan meninggalkan klub lamanya, Villarreal dan menjadi pelatih baru Aston awal musim 2022/2023 ini.

“Aston Villa dengan bangga mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai Pelatih Kepala klub yang baru,” tulis pernyataan resmi Villa di laman resmi klub, Selasa (25/10/2022).

Unai Emery mengisi posisi yang ditinggalkan Steven Gerrard, yang dipecat pada tengah pekan lalu. Pasalnya, juru taktik asal Inggris itu tak mampu membawa timnya bersaing di Liga Inggris 2022/2023.

Tugas berat pun menanti Emery di Aston Villa. Sebab, saat ini mereka tercecer di posisi 15 klasemen dengan koleksi 12 poin, hasil dari tiga kali menang dan tiga kali imbang serta menelan enam kekalahan.

Namun, pelatih berusia 50 tahun itu baru akan memimpin Leon Bailey dan kolega pada 1 November mendatang. Sebab, saat ini izin kerjanya masih dalam proses penyelesaian.

Emery sendiri sebelumnya sudah pernah berkarier di Liga Inggris bersama Arsenal. Dia menangani klub asal London Utara itu selama satu musim lebih pada periode Juli 2018 hingga November 2019.

Kendati hanya sebentar bersama The Gunners –julukan Arsenal, Emery berhasil membawa Granit Xhaka dkk ke final Liga Eropa 2018/2019. Sayangnya, mereka kalah di partai final dari rival sekota, yakni Chelsea.

Akan tetapi, di balik kegagalannya itu, Emery sukses meraih tiga trofi Liga Eropa selama tiga musim berturut-turut dalam kurun waktu 2013-2016 bersama Sevilla. Pada musim 2020/2021 lalu, dia juga mempersembahkan gelar juara kompetisi kasta kedua antar klub-klub Eropa itu pada The Yellow Submarine –julukan Villarreal- dengan menumbangkan Manchester United di partai final.

Lalu, Emery membantu Villarreal mencapai semifinal Liga Champions pada musim lalu untuk pertama kalinya sejak 2006. Selain itu, dia juga menyabet gelar juara Liga Prancis, dua Piala Prancis, dua Piala Liga Prancis dan dua Trophee des Champions saat menukangi Paris Saint-Germain.

Dengan segudang prestasinya itu Emery jelas punya beban besar untuk membawa Aston Villa menjauh dari jurang degradasi. Dan bukan tidak mungkin, Emery bisa membawa tim barunya itu mentas di kompetisi Eropa di masa yang akan datang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut