get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kematian Massal Terulang, Komnas HAM Imbau Petugas KPPS Tak Konsumsi Kopi Berlebihan

5 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Nomor 3 Bisa Turunkan Risiko Kanker

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:28 WIB
header img
5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan. Foto: Istimewa

BALIKPAPAN, iNewsSemarang.id - Kopi merupakan minuman sejuta umat. Selain karena rasanya yang enak, minum kopi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kopi bukan hanya minuman penghilang kantuk saja, sebab kopi kaya akan khasiat yaitu salah satunya mampu menurunkan resiko kanker

Minuman yang sering dijadikan teman sarapan bagi beberapa orang ini kaya antioksidan dan nutrisi sehingga berdampak positif bagi kesehatan. Pada secangkir kopi mengandung vitamin B2, B5, mangan, kalium, magnesium dan niasin. 

Bahkan apabila mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat membantu menurunkan risiko penyakit serius. 

Berikut manfaat Minum Kopi:

1. Membantu Meningkatkan Energi

Pada kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Kafein tersebut diserap ke dalam aliran darah yang membantu meningkatkan kewaspadaan, suasana hati hingga tingkat energi. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Minum kopi secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Meminum empat atau lebih cangkir kopi per hari diklaim dapat menurunkan 20% risiko stroke daripada dengan orang tidak minum kopi sama sekali. 

Apabila meminum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular. 

3. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat kopi diduga bisa menurunkan kanker hati dan kanker kolorektal, peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40% lebih rendah. 

Seperti yang diketahui, kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia yang mana gejalanya ditandai dengan pertumbuhan sel tak terkendali pada tubuh. Kopi mungkin bisa menjadi solusi pencegahan munculnya gejala kanker tadi.

4. Menjaga Fungsi Otak

Kopi diklaim dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer hingga demensia. Kandungan kopi hitam juga dapat memperlambat penurunan fungsi otak akibat bertambahnya usia. 

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah yang disebabkan resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin pada tubuh. Studi menjelaskan bahwa orang yang minum kopi paling banyak mempunyai risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit diabetes. 

Nah itulah manfaat minum kopi bagi kesehatan, walaupun minum kopi mempunyai manfaat namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Minum kopi tidak dianjurkan lebih dari lima gelas sehari dan hindari menambahkan pemanis buatan. 

Dan untuk tetap menjaga kesehatan tak hanya mengandalkan minum kopi saja, tapi harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut