get app
inews
Aa Read Next : PSSI Akan Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027, Ini Syaratnya

PSSI Ingin Percepat Pelaksanaan KLB, Ini Alasannya

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:40 WIB
header img
PSSI akan mempercepat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB). Alasan utamanya karena adanya surat dari Persis Solo dan Persebaya Surabaya. (foto: PSSI).

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ketua Umum PSSI (Ketum PSSI), Mochamad Iriawan memastikan PSSI akan menggelar KLB dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. Adanya surat yang dilayangkan Persis Solo dan Persebaya Surabaya menjadi alasan utama PSSI mempercepat pelaksanaan KLB.

Surat yang dikirim Persis Solo dan Persebaya Surabaya ke PSSI tersebut berisi desakan untuk segera mengelar KLB. Selain itu, Persis dan Persebaya juga meminta diadakan RUPS LB PT Liga Indonesia Baru, untuk membahas kepastian liga.

Surat dari kedua klub Liga 1 itu merupakan buntut Tragedi Gelora Bandung Lautan Api Juni lalu, disusul Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober lalu. Persis dan Persebaya menginginkan perbaikan sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

PSSI pun merespons surat itu dengan mengadakan rapat darurat dengan 12 Exco. Hasil rapat pun disepakati untuk diadakan KLB.

"Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam konferensi pers di akun Youtube PSSI dilihat, Sabtu (29/10/2022).

Padahal pria yang diakrab disapa Iwan Bule itu mengatakan dalam pelaksanaan KLB harus ada 2/3 voters yang mengajukan surat tertulis. Namun, dalam hal ini, Iriawan mengatakan ada faktor lain yang membuat PSSI mengambil sikap mempercepat KLB.

"Sesuai bunyi Pasal 34 Ayat 2 Statuta PSSI tentang Kongres Luar Biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis. Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai," tuturnya.

Kini PSSI akan melayangkan surat kepada FIFA terkait pelaksanaan KLB. Iriawan berharap keputusan PSSI ini bisa memberi kejelasan terkait kompetisi sepak bola Indonesia.

"Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dalam membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di Tanah Air," tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut