get app
inews
Aa Read Next : 10 Atlet Disabilitas Intelektual Asal Jateng Wakili Indonesia Berlaga di Dhaka Bangladesh

Trans Semarang Luncurkan Bus Ramah Disabilitas, Baru Layani 2 Rute

Senin, 28 November 2022 | 21:35 WIB
header img
Bangku khusus penyandang disabilitas di Trans Semarang. Foto : Dimas Yuli

SEMARANG, iNewsSemarang.idTrans Semarang telah menghadirkan bus low entry yang ramah disabilitas. Peluncuran bus ramah disabilitas itu diharapkan akan mempermudah penyandang disabilitas bepergian menggunakan transportasi umum di Kota Semarang.

Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Daerah Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan, saat ini Trans Semarang telah mengoperasionalkan dua bus low entry ramah disabilitas dengan rute yang berbeda.

Masing-masing bus low entry yang sudah dioperasikan satu bus di koridor 3 rute Pelabuhan -Elizabeth dan satu bus di koridor 4 rute Terminal Cangkiran -Stasiun Tawang. Ada space khsusus di belakang armada yang dirancang untuk tempat kursi roda.

"Nantinya rencana di koridor 2 rute Terboyo - Sisemut juga akan memiliki armada low entry. Saat ini tengah dalam proses perakitan,” ujarnya.

Hendrix menjelaskan sesuai dengan slogan Trans Semarang #TerusBerbenah , pihaknya terus melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat khususnya disabilitas dalam bepergian.

Selain telah meluncurkan bus low entry pada September 2022, sebelumnya Trans Semarang juga telah melaunching Kartu Trans Semarang Khusus disabilitas dengan tarif Rp1.000.

Untuk halte-halte Trans Semarang satu persatu akan dibenahi dengan standar kemiringan 8 derajat. Agar memudahkan Pengguna kursi roda lebih dimudahkan saat menuju halte.

“Kita berharap agar semua koridor Trans Semarang ke depan memiliki bus low entry ini,” pungkasnya. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut