get app
inews
Aa Read Next : Viral BEM UI Ditantang Prajurit TNI KKN di Papua gegara Kecam Pelanggaran HAM

Kapolres Yahukimo: Saat Patroli Rutin, Anggota Brimob Diadang KKB lalu Terjadi Kontak Senjata

Rabu, 30 November 2022 | 22:45 WIB
header img
Ilustrasi teror oleh KKB. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNewsSemarang.id  - Kronologi baku tembak di Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua terjadi setelah anggota Brimob yang melakukan patroli rutin diadang oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kontak tembak pun tak terelakkan antara KKB dengan Satgas Damai Cartenz di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (30/11/2022) sore, sekitar pukul 16.40 WIT. Dalam baku tembak tersebut, seorang anggota Brimob gugur dan satu anggota lainnya luka-luka.

Identitas anggota Brimob yang gugur yakni Bripda Gilang. Sedangkan Briptu Fauzan kini dalam perawatan di rumah sakit. Kedua anggota Brimob itu merupakan BKO dari Polda Lampung.

Kapolres Yahukimo, AKBP Arief Kristanto mengatakan, kronologi baku tembak itu terjadi saat Satgas Damai Cartenz sedang melakukan patroli rutin. Saat hendak kembali ke Dekai, Satgas Damai Cartenz diadang KKB di Jembatan 2 Jalan Poros Login KM 7 Dekai.

“Anggota ini diadang hingga terjadi kontak tembak yang mengenai dua anggota brimob, seorang di antaranya meninggal. Sedangkan rekannya Briptu Fauzan mengalami luka tembak pada bagian punggung kiri atas, dan saat ini keduanya berada di RSUD Dekai,” kata Arief.

Mantan Kapolres Deiyai itu mengakui, kondisi Briptu Fauzan dalam keadaan stabil dan sadar. "Belum dapat dipastikan pelaku pengadangan berapa orang, karena saat itu kondisi kawasan itu sudah agak gelap," kata AKBP Arief.

Kapolres mengaku belum dapat memastikan pelaku berasal dari kelompok mana karena masih didalami anggota. “Dijadwalkan Kamis (1/12/2022) akan dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” kata Kapolres. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut