get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Dampak Musim Hujan, Pemkot Semarang Intensifkan Pengerukan Sedimen Sungai

Cara Bikin HP Nyala Kembali Usai Kemasukan Air

Jum'at, 02 Desember 2022 | 15:11 WIB
header img
Cara Tepat agar HP Kembali Berfungsi saat Kemasukan Air. Foto: Jonas Leupe/Unsplash

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Musim hujan telah tiba membuat kita semakin hati-hati dalam menyimpan ponsel anda agar tidak kemasukan air. Sebagai mitigasi, begini cara aman agar HP kembali normal saat kemasukan air. 

Anda harus berhati-hati dalam menyimpan ponsel, terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Sebab Tidak semua merk HP memiliki sistem dan komponen yang tahan terhadap air.

Mengkutip dari Popular Mechanics, berikut langkah-langkah yang harus segera dilakukan agar HP segera kembali berfungsi saat Kemasukan Air:

1. Matikan Ponsel

Setelah Anda mengeluarkan ponsel, segera matikan perangkat untuk mengurangi kemungkinan korslet komponen elektronik pada Anda. 

Selanjutnya, gunakan pin atau alat pelepas kartu SIM untuk membuka baki SIM dan mengeluarkan kartu SIM. Air bisa masuk ke lubang kecil ini dan Anda tidak ingin mengambil risiko harus mengganti kartu SIM Anda. 

2. Keringkan Bagian Luar

Buang kelebihan air yang ditemukan di bagian luar ponsel. Gunakan kain atau handuk untuk mengeringkan semuanya sebanyak yang dibisa. 

Pastikan Anda tidak terlalu banyak mengotak-atik telepon. Keringkan semuanya dengan lembut. Waspada air masuk ke dalam perangkat. 

3. Segera Keringkan

Segera keringkan ponsel. Jangan pernah berpikir menggunakan pengering rambut ke ponsel Anda. Panas tambahan dapat menyebabkan korosi jika ada air pada perangkat keras ponsel. 

Ketahuilah beras tidak menyerap seperti yang Anda kira. Gazelle, sebuah perusahaan yang dikenal membeli perangkat bekas dan rusak dan kemudian menjualnya kembali, melakukan serangkaian eksperimen untuk melihat pengering mana yang paling cocok dengan ponsel mana. 

Dalam pengujian, Gazelle menenggelamkan sembilan smartphone yang berbeda masing-masing selama sepuluh detik sebelum meletakkan ponsel tersebut ke dalam mangkuk yang berisi beberapa bahan rumah tangga penyerap, seperti beras.

Enam dari sembilan perangkat dihidupkan kembali setelah menggunakan metode beras, dan dua lainnya cukup pulih untuk setidaknya menarik sebagian besar data dari telepon. Menariknya, perangkat Samsung lebih baik dengan beras dibanding iPhone.

Selain beras, silika gel, paket yang disertakan dalam kemasan dengan sebagian besar barang elektronik untuk menjaga kelembapan selama pengiriman dan selama masa simpan perangkat, tetapi juga produk lainnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut