get app
inews
Aa Read Next : Olla Ramlan Pakai Baju Ketat ke Nikahan Rizky Febian-Mahalini, Netizen: Astaga, Malu Lihatnya

Sederhana dan Elegan, Kaesang-Erina Gunakan Baju Dodotan di Acara Ngunduh Mantu

Minggu, 11 Desember 2022 | 10:17 WIB
header img
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat menjalani acara ngunduh mantu di Solo. Foto : tangkapan layar

SURAKARTA,iNewsSemarang.id- Dalam prosesi ngunduh mantu di Solo pada Minggu (11/12/2022) pagi,  Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono mengenakan baju adat pengantin Solo dan terlihat sederhana, namun tetap elegan. Tampak keduanya mengenakan baju dodotan.

Dari pantauan, Kaesang tampil dengan telanjang dada. Sementara Erina mengenakan baju kemben. Riasan paes Solo pun tampak dalam penampilan Erina tersebut. Sementara, untuk acara resepsi pernikahan yang jadi rangkaian di prosesi ngunduh mantu dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Solo.

Dilansir dari portal resmi Pemkot Surakarta, baju adat dodotan ini tergolong dalam dalam busana pengantin Gaya Solo Basahan. Pengantin akan mengenakan dodot atau kampuh, berupa kain panjang yang dibentuk menyerupai pakaian dengan bantuan jarum dan tali.

Pakaian untuk pengantin wanita bagian bahunya terbuka, seperti kemben. Sedangkan, untuk pengantin pria terbuka pada bagian perut ke atas.

Kaesang dan Erina tampak memasuki Loji Gandrung untuk mengikuti acara ngunduh mantu. keduanya disambut Jokowi dan Irina sebagai upacara penerimaan menantu.

Nantinya acara akan dilanjutkan dengan pangabekten/sungkeman, tata cara tumplak punjen (adat Jawa) dan nyebar udik–udik (menabur beras dan uang). (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut