get app
inews
Aa Read Next : Ngabuburit Ala Pemkab Kendal, Ada Ngaji, Bazar dan Hiburan

Diikuti Ribuan Peserta, Kendal Carnival Night Catatkan Sejarah Baru

Minggu, 11 Desember 2022 | 12:00 WIB
header img
Semarak Kenda Carnival Night yang digelar Pemkab Kendal di penghujung tahun 2022.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Even Kendal Carnival Night yang digelar Pemkab Kendal di penghujung tahun 2022 mencatatkan sejarah baru. Pasalnya, even ini menjadi even yang pertama kali digelar di Kendal dan menjadi even yang terbesar sepanjang sejarah.

Even ini merupakan bagian dari acara Kendal Fest 2022. Kegiatan pertama diawali dengan sebuah acara religi Kendal Bersholawat bersama Habib Syech dari Solo. Even Kendal Fest rencananya akan ditutup dengan acara Bupati Award 2022 yang dimeriahkan dengan konser musik D'masiv pada Minggu malam tanggal 11 Desember 2022.

Acara Kendal Carnival Night diikuti setidaknya 2.500 peserta. Diantaranya ada 1.000 pelaku kesenian dan sebagian lainnya ada pelajar dan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kendal serta 20 kecamatan di Kabupaten Kendal.

Acara juga dimeriahkan dengan Marching Band AMNI Semarang. Dalam acara ini peserta mengenakan berbagai macam busana, baik pakaian adat, seni budaya dan kostum lainnya. 

Kendal Carnival Night ini dimulai star dari pintu masuk Pasar Krndal dan finish di Alon-alon Kendal. Bupati Kendal bersama dengan istri menjadi rombongan terdepan di acara ini dengan mengendarai kereta kencana.

Kemudian, rombongan bupati diikuti rombongan Forkopimda yang mengendarai andong dan disusul rombongan OPD yang terbagi menjadi 7 kelompok.

Sekda Kendal, Sugiono selaku Ketua Panitia Kendal Carnival Night mengatakan, tema kegiatan ini adalah budaya. Menampilkan semua kesenian yang ada di Kabupaten Kendal.

"Untuk pakaian atau kostumnya bermacam-macam, tapi lebih mengenalkan pada pakaian adat yang ada di Indonesia," kata Sugiono, Sabtu (10/12/2022) malam.

Kata Sugiono, acara sengaja digelar pada malam hari disebabkan acara ini banyak memainkan cahaya. Faktor sepinya arus lalulintas saat malam hari juga menjadi pertimbangan pihaknya saat menggelar acara ini.

Dia berharap dengan Kendal Carnival Night ini bisa lebih mengenalkan budaya dan kesenian di Kendal dan bisa menghibur masyarakat.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, dengan digelarnya acara ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depan Kendal semakin handal, semakin baik dan berkembang serta masyarakatnya semakin sejahtera," katanya.

Diungkapkan, Kendal Carnival Night sengaja digelar untuk mengenalkan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Kendal dan mengikutkan semua generasi mudanya.

"Saya juga berharap dengan even ini Kendal semakin dikenal dan semakin banyak peluang-peluang baru ke depannya," ungkapnya.

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut