get app
inews
Aa Read Next : Senin Pagi, Gempa M 6,1 Guncang Seram Maluku Akibat Aktivitas Sesar Naik

Gempa Terkini M4,1 Guncang Konawe Selatan, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Kamis, 22 Desember 2022 | 18:27 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi (iNews.id)

KENDARI, iNewsSemarang.id - Gempa terkini berkekuatan Magnitudo (M) 4,1 mengguncang wilayah Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara pada Kamis (22/12/2022) pukul 13.00 WITA. Gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa jenis dangkal itu berada pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan, gempa bermagnitudo 4,1 terletak pada koordinat 4,44 Lintang Selatan dan 122,61 Bujur Timur.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lainea di Tenggara Lainea," katanya.

Gempa tersebut, menurut Stasiun Geofisika Kendari berpusat sekitar 5,8 km Tenggara Lainea, Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara pada skala II-III.

Pada skala II guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kabupaten Konawe Kepulauan, dimana getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian pada skala III dirasakan di Kendari dan Konawe Selatan dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah, dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG menyampaikan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 13.32 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi satu aktivitas gempa bumi susulan," ujar dia.

BMKG mengimbau masyarakat khususnya di daerah tersebut agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut