get app
inews
Aa Read Next : Geger, Bocah Perempuan di Semarang Tewas Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual

Profil Ridwan Saidi, Politisi Senior dan Penulis Beberapa Buku

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:56 WIB
header img
Budayawan Betawi Ridwan Saidi tutup usia. (Foto: dok. Okezone).

JAKARTA, iNewsSemarang.idRidwan Saidi, budayawan asal Jakarta menghembuskan napas terakhir, pada Minggu (25/12/2022) di RSPI Bintaro. Ridwan sebelum meninggal dunia dikabarkan menderita sakit akibat pecah pembuluh darah di batang otak.

Ridwan Saidi kerap muncul di layar televisi menjadi narasumber, salah satunya Indonesia Lawyar Club, di salah satu televisi swasta. Ia dianggap banyak mengetahui tentang kondisi sosial di Jakarta tempo dulu dan sekarang, karena lahir dan berkarier di Ibu Kota.  

Berikut profil Said Ridwan, pendidikan dan karier politik :

Ridwan Saidi lahir di Jakarta pada 2 Juli 1942 lalu. Dia merupakan budayawan betawi yang menyukai musik jazz dan seni sastra.

Ridwan Saidi pernah menempuh jenjang perkuliahan di Fakultas Publistik, Universitas Padjadjaran pada tahun 1962-1963, namun tidak menyelesaikan jejang pendidikannya di Fakultas Publistik tersebut.

Kemudian dia pindah kuliah di Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan di Universitas Indonesia pada tahun 1963-1976.

Dia juga merupakan mantan anggota DPR RI lewat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 1977-1987. Ridwan tercatat sebagai lulusan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial (FIS) Universitas Indonesia.

Di parlemen, Ridwan sempat menduduki kursi Wakil Ketua Komisi APBN (1977-1978) dan setelah itu menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X yang membidang lingkungan hidup dan ilmu pengetahuan sejak 1978-1987.

Putra asli betawi ini juga banyak pernah aktif sebagai penulis buku di antaranya, Golkar Pasca pemilu 1992 yang terbit pada tahun 1993, Anak Betawi Diburu Intel Yahudi yang diterbitkan pada tahun 1996 dan Profil Orang Betawi: Asal muasal, kebudayaan, dan adat istiadatnya yang diterbitkan pada tahun 1997. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut