get app
inews
Aa Read Next : Paguyuban Pedagang dan Komunitas Senam Ngaliyan Dukung Ita Maju Pilwakot Semarang

Wapres Ma'ruf Amin Bertolak ke Semarang untuk Resmikan 6 PLUT KUMKM

Senin, 26 Desember 2022 | 19:10 WIB
header img
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Semarang sore ini, Senin (26/12/2022). Hal itu dalam rangka untuk meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (KUMKM).

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan Udara TNI AD Ahmad Yani, Semarang pada pukul 18.00 WIB.

Setelah menempuh penerbangan selama satu jam, Wapres tiba Semarang pukul 19.00 WIB disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, Wapres didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah dan rombongan menuju Hotel Gumaya, Jl. Gajah Mada No.59-61 Kota Semarang, dengan berkendara mobil untuk bermalam.

Keesokan harinya, Wapres diagendakan meresmikan PLUT KUMKM Kabupaten Semarang yang berlokasi di Jalan Fatmawati Semarang, Jawa Tengah. Tidak hanya meresmikan PLUT KUMKM Kabupaten Semarang, tetapi Wapres juga akan meresmikan PLUT yang berasal dari lima wilayah lain di Indonesia.

Kelima PLUT KUMKM yang akan diresmikan tersebut, di antaranya PLUT Kabupaten Buleleng, Bali; PLUT Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah; PLUT Kabupaten Dairi, Sumatra Utara; PLUT Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan; dan PLUT Kotamadya Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sebagai informasi, PLUT merupakan salah satu program kerja dari Kemenkop UKM untuk mendorong UMKM naik kelas. Program ini telah dijalankan sejak tahun 2014, sesuai dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 9 Tahun 2013.

PLUT KUMKM bertujuan untuk memberikan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM.

Sebelum meresmikan PLUT KUMKM, pada kesempatan yang sama Wapres juga diagendakan untuk menyerahkan Pembiayaan LPDB KUMKM dan KUR UMKM kepada 10 perwakilan penerima.

 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut