get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Ekonom Senior Faisal Basri Tutup Usia

Vatikan Umumkan Paus Benediktus XVI Tutup Usia

Sabtu, 31 Desember 2022 | 17:57 WIB
header img
Mantan Pemimpin Gereja Katolik Paus Benediktus XVI tutup usia. (Foto: Reuters).

VATIKAN, iNewsSemarang.id - Vatikan secara resmi mengumumkan mantan Paus Benediktus XVI telah tutup usia pada Sabtu (31/12/2022). Paus emeritus Jerman itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah dia menjadi paus pertama yang mengundurkan diri dalam enam abad.

"Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan, dikutip AFP.

Paus yang memiliki nama lahir Joseph Ratzinger itu, telah menjalani kehidupan yang tenang di sebuah bekas biara di dalam tanah Vatikan sejak keputusannya yang mengejutkan untuk mundur pada Februari 2013.

Kesehatannya telah menurun sejak lama, tetapi Vatikan mengungkapkan pada Rabu (28/12/2022) bahwa situasinya telah memburuk. Sedangkan penggantinya Paus Fransiskus meminta umat Katolik di seluruh dunia untuk mendoakannya.

Kematiannya mengakhiri situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana dua "pria berkulit putih" - Benediktus dan Fransikus - hidup berdampingan di dalam tembok negara kota kecil.

Meskipun tidak ada buku peraturan untuk mantan paus, pemakaman Benediktus diperkirakan akan dilakukan di Vatikan, dipimpin oleh Fransiskus.

Pada 2005 jenazah Yohanes Paulus II, paus terakhir yang wafat, disemayamkan sebelum misa pemakaman di Lapangan Santo Petrus yang dihadiri oleh satu juta orang, termasuk kepala negara.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut