get app
inews
Aa Read Next : Heboh BEM UI Pasang Foto Prabowo-Gibran: Selamat Datang di Era Demokrasi Otoriter

Kembangkan 4 Pilar Pembangunan Ekonomi, Pemkab Kendal Jalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB
header img
Bupati Kendal Dico M Ganinduto menandatangani kerjasama dengan Universitas Indonesia.(inewssemarang/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal banyak menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi mewujudkan visi misinya menuju Kendal Handal, Unggul Makmur dan Berkeadilan. Kali ini, sebuah kerjasama juga dijalin dengan Universitas Indonesia (UI) saat Senat Akademik UI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal.

Kerjasama yang diteken Pemkab Kendal dengan UI ini diharapkan dapat mendukung fokus Pemkab Kendal dalam mengembangkan 4 pilar pembangunan ekonomi yaitu, pembangunan Industri, pengembangan Pariwisata, Pengembangan UMKM dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SMD).

"Dengan kesepakatan bersama ini diharapkan dapat terjalin kerjasama dalam peningkatan SDM Aparatur Pemerintah Kabupaten Kendal untuk melanjutkan studi S2/S3 ataupun dokter spesialis di UI, sesuai kebutuhan RPJMD Kabupaten Kendal," kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menerima kunjungan rombongan Senat Akademik UI di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (26/1/2023). 

Dari kerjasama yang dijalin juga diharapkan adanya sebuah kajian tematik di berbagai bidang sesuai dengan keahlian UI baik dalam bidang kesehatan, reformasi birokrasi, stunting, digitalisasi, pertanian, perekonomian, ekosistem UMKM, desa wisata, BRIDA dan penyusunan rencana detail tata ruang, rencana pengembangan kawasan pariwisata, dan lain sebagainya. 

Lebih lanjut disampaikan, dengan kerjasama yang dibangun, Kabupaten Kendal juga mengharapkan adanya program KKN/koas bagi tenaga kesehatan, maupun magang mahasiswa sebagai representasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Harapannya dengan kerjasama ini ada banyak program hibah internal riset dapat dilakukan dengan lokus wilayah penelitian di Kabupaten Kendal," harapnya.

Selain itu, Dico juga berharap dari kerjasama ini tercipta kolaborasi dalam kegiatan seminar bersama di tingkat nasional maupun internasional.

“Kesepakatan bersama ini adalah bentuk komitmen dan sinergisitas dalam mengoptimalkan fungsi dan peran masing masing dalam pemanfaatan sumber daya agar mampu meningkatkan pelayanan publik dan manfaat pembangunan yang lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi. DEA menuturkan, Universitas Indonesia telah berubah. Dari sebelumnya Universitas Indonesia hanya melahirkan lulusan, saat ini telah melaksanakan kolaborasi dengan pemerintah untuk ikut berkontribusi membangun wilayah melalui kegiatan yang masuk dalam tri dharma perguruan tinggi.

“Dengan melihat 4 pilar kabupaten Kendal ini UI siap bekerjasama guna mendorong kemajuan di Kendal melalui pelaksanaan tri dharma demi mewujudkan Kendal menjadi pusat Industri dan pariwisata yang unggul dan miliki SDM yang baik,” ujarnya.

 

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut