get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Timnas Indonesia U-23 Vs Arab Saudi di Laga Uji Coba Malam Ini, Digelar Tertutup

Tinjau Komponen Biaya Haji 2023, Rombongan Komisi VIII DPR Bertolak ke Arab Saudi

Selasa, 31 Januari 2023 | 06:03 WIB
header img
Ilustrasi Masjidil Haram (foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Rombongan Komisi VIII bertolak ke Arab Saudi pada Minggu (29/1/2023). Keberangkatan mereka ke Arab Saudi dalam rangka meninjau seluruh komponen biaya penyelenggaraan haji 1444H/2023M. 

Kabar tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya oleh anggota Komisi VIII DPR, Ibnu Mahmud Bilalludin.

"Jadi tadi malam rombongan kami berangkat ke Arab Saudi, salah satunya untuk meneliti kembali seluruh komponen biaya," kata Ibnu dalam diskusi publik bertajuk 'BPIH Berkeadilan dan Berkelanjutan' di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023). 

Dia menyebut usulan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1444H/2023M yang diusulkan Kementerian Agama menjadi 70 persen Bipih dan 30 persen nilai manfaat belum final.

"Concern kami Komisi VIII sebagai wakil rakyat adalah angka yang ditentukan adalah harus terjangkau oleh sebagian besar, yang sudah daftar tentunya bahwa mereka tidak begitu keberatan. Jangan sampai kemudian jadi tidak mampu untuk melunasinya," kata dia.

Ibnu mengungkapkan, Komisi VIII tetap ingin biaya haji sebesar Rp69 juta per jemaah diturunkan agar terjangkau bagi sebagian besar calon jemaah yang akan berangkat tahun ini.

"Jadi sikap kami dari komisi VIII ini harus turun dari Rp69 juta sampai berapa. Apakah tetap dalam posisi strukturnya 70:30, atau kita nanti ada aturan peralihan dari posisi saat ini sampai posisi idealnya berapa," kata Ibnu.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut