get app
inews
Aa Read Next : Ritual Sedekah Laut, Tradisi Syawalan dan Kupatan Masyarakat Pesisir Jawa

4 Fungsi Musik Daerah Indonesia yang Perlu Diketahui, No. 2 Kerap Dijadikan Sarana Ritual

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:18 WIB
header img
musik daerah memiliki fungsinya tersendiri di masyarakat tradisonal Indonesia (Foto: dunia-kesenian.blogspot.com)

Semarang, iNewsSemarang.id- Musik adalah salah satu media hiburan yang populer. Jenis musik pun sangat beragam, misalnya musik daerah. Waktu bersekolah, mungkin kita pernah diminta guru untuk menyanyikan salah satu jenis musik ini.

Selain menghibur, tak banyak orang tahu bahwa musik daerah menyimpan fungsi lainnya.

1. Sarana Komunikasi

Fungsi musik daerah adalah sebagai sarana komunikasi. Sebab, liriknya mengandung pesan-pesan nasihat dan cerita tradisional. Musik daerah sering digunakan sebagai media penyampai sesuatu, menjadi penghubung antara para pendengar dan seniman.

2. Sarana Ritual dan Upacara Budaya

Fungsi musik daerah yakni sebagai media ritual dan upacara budaya, wujud ungkapan syukur dan penghargaan pada kegiatan budaya. Misalnya, gamelan di wilayah Bali sering dipakai saat melaksanakan ritual-ritual agama Hindu di pura maupun di acara-acara tertentu.

3. Ekspresi diri

Musik daerah berfungsi sebagai media ekspresi diri para seniman daerah. Alunan keras atau lembut ketika pentas musik, menggambarkan suasana hati dan emosi. Kesan yang lebih hidup berkat lantunan musik daerah, membuat penonton jauh lebih tertarik.

4. Fungsi Hiburan

Musik adalah salah satu media hiburan, tak terkecuali pada musik daerah. Dalam tradisi masyarakat Indonesia, musik daerah bertujuan untuk menghibur. Tak heran bila pentas musik daerah sering dilakukan saat kegiatan sosial, misalnya hajatan, pernikahan, khataman, dsb.  Alunan musik ini akan menghibur tamu yang datang, suasana pun jadi meriah. Contoh lainnya, musik Sabilulungan atau degung Sunda, dipakai dalam atraksi pencak silat perguruan Cimande.

(Mg/Shinta)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut